Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Ganti Baru Semua Galaxy Note 7 di Pasaran

Kompas.com - 02/09/2016, 19:57 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung akan menarik kembali seluruh Galaxy Note 7 baik dari pasar maupun yang sudah diterima konsumen dan menggantinya dengan unit yang baru.

Samsung berencana tidak hanya akan mengganti unit yang sudah kadung berada di tangan konsumen tetapi juga akan menarik seluruh stok di peritel dan gudang pengiriman.

Seperti dikutip KompasTekno dari Reuters, Samsung telah menjual sebanyak 2,5 juta unit Galaxy Note 7 di sepuluh negara.

Bagi konsumen yang telah memiliki Galaxy Note 7, Samsung berjanji akan menggantinya dengan unit yang baru dalam beberapa minggu ke depan.

Langkah "recall" Galaxy Note 7 diumumkan Samsung pada Jumat (2/9/2016). Keputusan tersebut terpaksa diambil Samsung terkait sejumlah laporan Galaxy Note 7 yang meledak atau terbakar. (Baca: Samsung Resmi Recall Galaxy Note 7)

Menurut Samsung, hingga 1 September 2016 terdapat 35 kasus yang dilaporkan secara global dan Samsung melakukan inspeksi menyeluruh dengan para penyuplainya untuk mengidentifikasi, apakah ada baterai-baterai lain yang terkena imbasnya yang beredar di pasar.

Dalam sebuah pernyataan tertulis resmi, juru bicara Samsung mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen membuat produk dengan kualitas terbaik dan menanggapi semua insiden secara serius.

"Terkait laporan tentang kasus yang menimpa Galaxy Note 7 yang terjadi baru-baru ini, kami telah melakukan investigasi dan menemukan kendala dalam baterai," ujar juru bicara itu.

Di Indonesia, Galaxy Note 7 belum sampai di tangan konsumen. Namun, jadwal pengiriman perangkat tersebut telah ditunda hingga 17 September dari jadwal semula, 1 September.

Atas keterlambatan ini, Samsung siap memberikan kompensasi. (Baca: Galaxy Note 7 Tertunda di Indonesia, Samsung Siapkan Kompensasi)

Terhadap perkembangan terakhir yaitu recall produk, Samsung Indonesia belum memberikan keterangan resmi apakah akan meneruskan pengiriman ke pemesan awal dengan kompensasi atau menghentikan penjualan.

Update: Samsung Indonesia telah memberikan pernyataan resmi terkait status Galaxy Note 7 di tanah air, simak infonya di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com