Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasselblad Ubah Android Moto Z Jadi Kamera Saku

Kompas.com - 03/09/2016, 13:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Peminat ponsel modular Motorola Moto Z yang gemar fotografi bisa bersuka hati minggu ini. Pabrikan tersebut baru saja meresmikan modul aksesori baru berupa kamera dengan lensa zoom optik 10x buatan Hasselblad, sehingga mengubah ponsel Android itu layaknya kamera saku.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Jumat (2/9/2016), modul yang dibuat melalui kerja sama dengan pabrikan kamera Hasselblad itu turut dilengkapi flash Xenon dan kemampuan merekam gambar dalam format RAW yang lebih fleksibel dibanding JPEG.

Aksesori bernama Hasselblad True Zoom tersebut dipasangkan ke bagian punggung Moto Z dan terhubung ke ponsel melalui serangkaian konektor khusus.

Baca: Lenovo Luncurkan Smartphone Modular, Moto Z dan Moto Z Force

Modul kamera kemudian akan mengambil alih peran pengambilan gambar dari kamera onboard ponsel.

Lensa Zoom pada aksesori kamera True Zoom memiliki rentang focal length sebesar 25-250 mm (ekuivalen full-frame) dengan diafragma lenda F3.5-6.5.

Motorola Hasselblad True Zoom dipasang di punggung Moto Z

Di dalamnya turut terdapat sensor kamera CMOS ukuran 1/2,3 inci dengan resolusi 12 megapiksel dan rentang sensitivitas ISO 100 hingga ISO 3.200.

True Zoom ikut menyediakan tombol shutter fisik, zoom lever, dan handgrip, sehingga menyulap tampilan Moto Z menjadi mirip kamera saku. Adapun pembidikan gambar dilakukan lewat layar ponsel.

Baca: Inikah Modul Kamera Zoom untuk Moto Z?

Aksesori ini rencananya akan mulai dijual pada September 2016 dengan harga 299 dollar AS (sekitar Rp 4 juta) melalui situs Motorola.com.

Moto Z sudah dikenalkan oleh Lenovo selaku perusahaan induknya saat ini pada Juni 2016 lalu. Saat itu, aksesoris yang tersedia belum menyertakan kamera, hanya casing belakang, speaker buatan JBL, dan proyektor.

Bersama dengan True Zoom, Motorola turut memperkenalkan ponsel Moto Z Play seharga 408 dollar AS (Rp 5,3 juta) yang diklaim memiliki baterai tahan lama.

Baca: Akankah Smartphone Modular Moto Z Masuk Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com