Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung "Refund" Pemesanan Galaxy Note 7 di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2016, 19:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung telah memutuskan pembatalan seluruh pemesanan dalam pre order Galaxy Note 7 di Indonesia. Selanjutnya, Samsung akan mengembalikan dana pembelian (refund) kepada para pemesan phablet terbarunya, Galaxy Note 7 di Indonesia.

Langkah itu menyusul keputusan Samsung pusat yang me-recall Galaxy Note 7 di seluruh negara, baik yang beredar di pasar atau sudah ada di tangan pembeli, akibat ditemukannya kendala pada baterai.

"Sebagai rasa tanggung jawab, Samsung Electronics Indonesia akan melakukan pengembalian dana pembelian secara utuh (refund) kepada konsumen Indonesia yang telah melakukan pre order," demikian pernyataan tertulis Samsung Electronics Indonesia yang diterima KompasTekno, Jumat (2/9/2016) malam.

Baca: Samsung Resmi Recall Galaxy Note 7

Selain refund, pemesan awal Galaxy Note 7 dijanjikan Samsung akan mendapatkan kompensasi khusus. Baca: Pre-order Galaxy Note 7 Batal, Ini Ganti Rugi dari Samsung

Menurut penelusuran KompasTekno, kompensasi tersebut berupa voucher belanja senilai Rp 1 juta (tidak diketahui merchant-nya), dan cash back (diskon) Rp 2 juta jika pelanggan tersebut ingin membeli Galaxy Note 7 lagi saat produk tersebut tersedia di Indonesia.

"Samsung Electronics Indonesia memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan menghargai kesabaran konsumen yang telah melakukan pre-order Galaxy Note7," tulis Samsung

Untuk diketahui, di Indonesia, Galaxy Note 7 yang dijual seharga Rp 10.777.000 (versi 64 GB) itu ludes dipesan dalam waktu tiga hari semenjak sesi pemesanan dibuka pada 5 Agustus lalu.

Recall karena kendala baterai

Sebelumnya, Samsung global telah mengumumkan menghentikan produksi Galaxy Note 7 dan menarik peredarannya dari pasar, setelah ada laporan mengenai baterai yang bermasalah, seperti terbakar atau meledak di beberapa negara. (Baca: Insiden Kedua Galaxy Note 7 dan Penundaan Pengiriman)

Phandroid Samsung Galaxy Note 7 meledak dan sebagian besar bodi meleleh
"Kami telah melakukan investigasi menyeluruh dan menemukan kendala dalam baterai, bisa diperbaiki dengan menggantinya. Namun, kami juga akan mengajukan solusi untuk para konsumen," ujar juru bicara Samsung.

"Mengingat keamanan konsumen adalah prioritas utama bagi Samsung, maka kami harus menghentikan penjualan Galaxy Note 7," imbuh juru bicara tersebut.

Penarikan unit ini juga berimbas pada pemesan Galaxy Note 7 yang ada di Indonesia. Samsung sempat mengundur pengiriman Galaxy Note 7 bagi pelanggan yang sudah memesan di Indonesia, dari yang seharusnya 1 September 2016 menjadi 17 September 2016.  Janji kedua ini pun akhirnya gugur seiring langkah recall Galaxy Note 7 secara global.

Baca:
Bagaimana Nasib Pemesan Galaxy Note 7 di Indonesia

Konsumen yang memiliki pertanyaan soal refund Galaxy Note 7 bisa menghubungi call center Samsung Indonesia di nomor toll free 0-800-112-8888 atau (021) 5699-7777, atau bisa juga melalui layanan live chat di situs Samsung Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com