Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Alibaba Jadi Penasihat "E-commerce" Indonesia

Kompas.com - 04/09/2016, 13:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengundang Jack Ma, pendiri sekaligus CEO e-commerce terbesar di China, Alibaba Group untuk menjadi penasihat pembangunan industri e-commerce di Indonesia.

“Saya mengusulkan kepada Jack Ma untuk menjadi advisor dari Steering Committee implementasi petajalan (roadmap) e-commerce Indonesia,” terang Rudiantara dalam pesan tertulisnya kepada KompasTekno, Minggu (4/9/2016) siang.

“Saya juga sedang mengusahakan tokoh internasional lain yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk juga menjadi advisor Steering Committee. Yang lainnya, yang relevan dengan Digital Economy," imbuhnya.

Jack Ma pun menanggapi positif ajakan tersebut. Kesediaan Ma menjadi salah satu penasihat pembangunan petajalan e-commerce Indonesia diumumkan melalui kicauan di akun Twitter resmi Alibaba Group.

“Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke markas Alibaba hari ini (2 September 2016), Ma menerima tawaran untuk menjadi penasihat ekonomi pemerintah Indonesia,” kicau akun tersebut.

Sebelumnya, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri melakukan kunjungan kerja ke China. Di Negeri Tirai Bambu itu rombongan menyempatkan diri mengunjungi markas Alibaba Group.

Baca: Jokowi Bertemu Bos Raksasa E-commerce China Bahas Pemasaran Produk UKM

Menteri-menteri lain yang turut mendampingi antara lain Menkominfo Rudiantara; Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita; Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Dubes RI untuk China, Sugeng Rahardjo.

Roadmap e-commerce Indonesia diumumkan sejak awal 2016 lalu. Di dalamnya memuat tujuh poin mengenai upaya pengembangan ekonomi digital, yaitu persoalan logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan keamanan cyber.

Baca: Rilis "Roadmap E-commerce", Pemerintah Akan Atur Tujuh Hal Ini

Selanjutnya, pemerintah bekerja sama dengan berbadai pihak untuk membentuk sebuah Steering Committee. Nantinya, Steering Committee inilah yang akan membangun roadmap tersebut.

Baca juga: 2020, Indonesia Bisa Jadi Negara E-commerce Terkuat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com