Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Dengar Lagu di Spotify 90 Menit Sehari

Kompas.com - 06/09/2016, 18:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna Spotify paling cepat se-Asia Tenggara. Lima bulan pasca diluncurkan di Tanah Air, Spotify telah digunakan untuk mendengar musik selama 1.165 menit.

Managing Director Spotify Asia, Sunita Kaur mengatakan, rata-rata pengguna di Indonesia mendengar musik 90 menit per hari. Meski demikian, Kaur masih enggan mengungkap jumlah riil pengguna layanan music streaming asal Swedia tersebut.

Menurut Sunita, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Spotifytak lepas dari beberapa strategi khusus yang dilancarkan, salah satunya adalah mengakomodir konten lokal.

"Kami bukan meluncurkan Spotify di Indonesia, tapi meluncurkan Spotify Indonesia," kata dia, Selasa (6/9/2016) di sela acara Swedish - Indonesian Digital Forum di Jakarta.

Beberapa penyanyi lokal telah digandeng untuk bekerja sama menyediakan konten khusus di Spotify, salah satunya penyanyi solo pria kawakan, Tulus.

Selain itu, beberapa playlist populer lokal juga dipampang di laman depan akun Spotify pengguna Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Generasi Galau, Top Hits Indonesia, dan Kopikustik.

Sunita yakin Spotify mampu menjadi layanan music streaming pilihan bagi mayoritas masyarakat Indonesia di tengah banyaknya layanan serupa yang bermunculan. Sebut saja Yonder, Apple Music, Guvera, dan kawanannya.

"Kami ingin memudahkan pengguna, bahkan untuk metode pembayaran sekalipun. Selain dengan kartu kredit, pembayaran layanan premium bisa melalui transfer bank dan ATM, Doku Wallet, Alfamart, dan Lawson," ia menjelaskan.

Ke depan, kata Sunita, Spotify akan terus mendengar masukan dan belajar tentang kebiasaan pengguna di Indonesia. Perempuan berdarah India tersebut mengklaim pihaknya selalu berkonsultasi dengan pemerintah dan rekanan di Tanah Air.

"Semua urusan hukum kami patuhi. Ini bentuk keseriusan kami," ujarnya.

Baca: Jual Musik Streaming di Indonesia, Spotify Sudah Urus Izin?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com