Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avnet Jadi Distributor Resmi Laptop Premium HP

Kompas.com - 08/09/2016, 13:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) menunjuk Avnet Technology Solutions Indonesia sebagai distributor tunggal untuk produk-produk laptop seri EliteBook Folio. Penunjukkan itu diumumkan dalam acara jumpa pers yang digelar Avnet di Jakarta, Rabu (7/9/2016) kemarin.

Produk HP yang didistribusikan oleh Avnet merupakan jajaran laptop bisnis premium dengan kisaran harga di atas Rp 20 juta.

“Produk-produk ini bukan ditargetkan untuk konsumen rumahan, melainkan para eksekutif senior di korporasi dan para pelaku bisnis yang butuh keandalan,” ujar Country Commercial Category PT Hewlett Packard Indonesia, Vamsi Reddy.

Reddy menambahkan, pihaknya telah bekerjasama dengan Avnet selama lebih dari 22 tahun dalam memasarkan produk-produk enterprise untuk kebutuhan korporasi, seperti komputer workstation dan server.

Avnet (PT Avnet Datamation Solutions) sendiri merupakan perusahaan yang muncul dari akuisisi PT Datamation Purwana Utama dan PT Mitra Bisinfo Utama pada 2010. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan produk server storage, dan piranti lunak untuk para integrator sistem enterprise dan para reseller.

Tidak mengejar volume

Market Development manager Commercial Notebook and Mobility Printing HP Indonesia, Ricky Handrian menjelaskan bahwa jajaran produk laptop bisnis seri Hp EliteBook yang didistribusikan oleh Avnet saat ini terdiri dari dua pilihan ukuran, yakni 12,5 inci (EliteBook Folio G1) dan 14 inci (EliteBook 1040 G3).

Dengan banderol harga mulai Rp 21,5 juta, keduanya dibekali fitur-fitur ala laptop bisnis seperti keamanan dengan TMP encryption, fingerprint scanner, face recognition Windows Hello, dan self-recovery BIOS, berikut material premium berupa logam aluminium.

“Laptop commercial (bisnis) range harganya memang lebih tinggi dibandingkan laptop kelas konsumen,” ujar Ricky.

“Tapi di segmen laptop bisnis, kami memang tidak mengincar volume penjualan, melainkan lebih ke penggunaan di lingkungan enterprise," lanjutnya.

Soal pangsa pasar laptop bisnis, Country General Manager Avnet Indonesia, Handoyo Singgih menjelaskan bahwa dari besar pasar laptop Indonesia yang sekitar 5 juta unit, porsi laptop premium dengan kisaran harga di atas Rp 20 juta diperkirakan hanya 4 persen dari angka itu.

“(Pasar) Laptop bisnis memang kecil, tapi teknologinya lebih canggih. Dengan produk EliteBook dari HP ini, kami jadi memiliki produk yang bisa menyasar segmen premium tersebut,” ujar Handoyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com