Mengenal AirPods, Earphone Nirkabel Pendamping iPhone 7 - Kompas.com

Mengenal AirPods, Earphone Nirkabel Pendamping iPhone 7

Oik Yusuf
Kompas.com - 09/09/2016, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Duo iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang baru diresmikan oleh Apple turut membawa serta sejumlah perubahan. Salah satunya yang mendapat banyak sorotan adalah menghilangnya colokan audio 3,5 mm.

Sebab itulah, selain adapter jack audio 3,5 mm ke konektor Lightning, Apple turut memperkenalkan sepasang produk earphone wireless bernama AirPods.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Cnet, Jumat (9/9/2016), bentuk AirPods yang berwarna putih sangat mirip dengan earphone standar iPhone selama ini yang dikenal dengan sebutan EarPods.

Baca: Alasan Apple Hilangkan Jack Audio dan Tombol “Home” di iPhone 7

Bedanya, AirPods tak memiliki kabel. Ia tersambung dengan perangkat iPhone 7 atau iPhone 7 Plus melalui koneksi Bluetooth.

AirPods dirancang untuk bekerja optimal saat dipasangkan dengan duo iPhone baru yang memiliki chip wireless bernama W1 tersebut.

Di dalam AirPods terdapat sensor optik dan accelerometer yang bisa mendeteksi saat earphone terpasang di telinga pengguna. Jadi, AirPods hanya akan memutar musik saat pengguna siap mendengarkan.

Software asisten pribadi Siri bisa dipanggil dengan melakukan double tap di AirPods. Pengguna kemudian dapat melakukan kendali playback seperti mengatur volume dengan perintah suara.

AirPods bisa digunakan bersama perangkat non-Apple yang memiliki koneksi Bluetooth, tapi fitur-fitur khususnya hanya akan muncul saat ia dipasangkan dengan perangkat Apple berbasis iOS 10, Watch OS3, atau macOS Sierra.  

Layaknya earphone wireless, AirPods memiliki baterai yang bisa bertahan selama empat hingga lima jam. Sebuah charging case khusus disediakan untuk menyimpan sekaligus mengisi baterai perangkat ini.

Charging case itu sendiri berfungsi layaknya powerbank yang menyediakan daya untuk masa operasional tambahan selama 24 jam untuk AirPods.

Apple berencana menjual AirPods seharga 159 dollar AS atau sekitar Rp 2,1 juta secara online dan melalui toko Apple mulai akhir Oktober mendatang.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberCNET,
Komentar
Close Ads X