Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Resmi Beli Bisnis Printer Samsung Rp 13,8 Triliun

Kompas.com - 13/09/2016, 09:11 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah ramai menjadi rumor, Samsung resmi melepas unit bisnis printernya kepada HP Inc.

Jumlah uang yang digelontorkan oleh HP untuk membeli unit bisnis Samsung mencapai 1,05 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,8 triliun.

Menurut HP, pembelian unit bisnis Samsung itu dilakukan untuk "merekreasi" industri printer yang dinilai masih memiliki potensi sebesar 55 miliar dollar AS.

HP pun menganggap pembelian tersebut dapat membantu perusahaan untuk lebih berinovasi di industri printer.

"(Teknologi) copier adalah mesin yang rumit dan ketinggalan zaman, dengan puluhan bagian yang harus diganti dan membutuhkan perjanjian layanan pemeliharaan, sehingga tidak efisien," tulis HP, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (13/9/2016).

Bagi HP, perjanjian ini merupakan transaksi terbesar dalam sejarah perusahaannya untuk bisnis printer.

Dalam perjanjian jual-beli perusahaan ini, Samsung akan membuat sebuah perusahaan baru (spin off) pada 1 November 2016. Sekitar 6.000 karyawan divisi printer akan dipindahkan ke perusahaan baru tersebut. Nantinya, perusahaan baru itu beserta seluruh karyawannya yang akan dijual ke HP.

Transaksi ini tidak membuat Samsung berhenti berjualan mesin printer. Samsung tetap akan berjualan printer di Korea Selatan, meski Samsung bakal mengambil stok dari HP.

Penjualan unit bisnis printer Samsung sendiri dilakukan sebagai upaya melepas bisnis yang tidak menjadi fokus perusahaan.

Samsung adalah pemimpin pasar di industri smartphone, televisi, dan chip memori. Namun perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut berada di belakang pemain lain, seperti HP, Canon, dan Epson di pasaran printer.

Lembaga riset pasar IDC menempatkan Samsung di posisi kelima dengan pangsa pasar empat persen di pasar perangkat pengganda dokumen global, pada kuartal kedua tahun ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com