Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Wajib Masukkan "Password" Dua Kali?

Kompas.com - 14/09/2016, 13:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan bakal mengimplementasikan mekanisme otentikasi dua langkah alias two-step verification untuk menjamin keamanan pengguna. Sebelumnya, Facebook, Google, Line, dan Instagram sudah menggunakan mekanisme serupa bagi pengguna yang menginginkannya.

Pada WhatsApp, menurut email yang diterima beberapa orang, pengguna akan diminta memasukkan password enam digit sebagai bentuk verifikasi tahap kedua, seperti dilaporkan PhoneRadar dan dihimpun KompasTekno, Rabu (14/9/2016).

Jadi, ketika ingin log-in WhatsApp di perangkat baru, pengguna harus memasukkan password enam digit tersebut setelah verifikasi tahap pertama diselesaikan.

Verifikasi tahap pertama sendiri mengharuskan pengguna memasukkan nomor telepon dan empat digit password yang dikirim pihak WhatsApp via SMS.

Perlu diketahui, pembuatan password enam digit untuk verifikasi tahap dua membutuhkan alamat email. Pengguna harus memverifikasi email tersebut agar bisa me-reset password jika sewaktu-waktu lupa.

Bersifat opsional

Kemampuan two-step verification ini dikatakan akan pertama kali dinikmati pengguna WhatsApp di Windows Phone. Sifatnya pun opsional, tergantung pilihan pengguna untuk mengaktifkan sistem keamanan ini atau tidak.

Sebelumnya, WhatsApp telah membawa beberapa pembaruan dalam beberapa minggu terakhir. Pertama, pembaruan kebijakan yang memungkinkan pengguna menyinkronisasi data WhatsApp dengan Facebook.

Baca: Resmi, WhatsApp Serahkan Data ke Facebook

Kedua, pembaruan antarmuka yang mirip Snapchat. Pengguna bisa membagi foto dengan membubuhi stiker, teks, atau goresan via WhatsApp. Pengguna juga bisa merekam video sambil melakukan gestur pinch-to-zoom untuk memperbesar objek.

Terakhir, dari segi keamanan adalah isu opsi two-step verification ini bagi pengguna Windows Phone. Benar atau tidaknya bisa dikonfirmasi dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com