Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Jean Batten yang Jadi Google Doodle Hari ini?

Kompas.com - 15/09/2016, 07:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Wikipedia

KOMPAS.com - Halaman utama Google hari ini, Kamis (15/9/2016), menampilkan gambar seorang wanita yang sedang menggendong seekor kucing di samping pesawat. Siapakah dia?

Wanita yang dimaksud adalah Jean Batten. Google membuat doodle khusus yang menggambarkan Jean Batten sebagai bentuk penghormatan dan peringatan hari lahir ke-107.

Seperti yang terlihat tergambarkan di doodle, Jean Batten punya nama besar di dunia aviasi. Ia merupakan wanita asal Selandia Baru yang banyak memecahkan rekor di dunia penerbangan.

Pemilik nama lengkap Jean Gardner Batten ini lahir pada 15 September 1909 di Rotorua, salah satu kota di Selandia Baru. Jean Batten merupakan anak tunggal dari pasangan Frederick Batten dan Ellen Batten.

Namanya mulai banyak terdengar ketika berhasil memecahkan rekor pertamanya. Pada Mei 1934, Jean Batten berhasil terbang solo dari Inggris ke Australia. Ia menggunakan pesawat latih de Havilland DH.60 Moth atau biasa disebut sebagai Gypsy Moth.

Dirangkum KompasTekno dari Wikipedia, penerbangan tersebut dilakukan dengan waktu tempuh selama 14 hari 22 jam, mengalahkan rekor yang pernah dicatatkan oleh Amy Johnson, pilot wanita asal Inggris.

Sebelumnya, Johnson berhasil melintasi jarak 18.000 kilometer antara Inggris dan Australia dengan waktu tempuh sekitar 19 hari.

Atas keberhasilan itu, Jean Batten dianugerahi Harmon Trophy tiga kali, yaitu pada 1935, 1936, dan 1937. Ini merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan pada aviator dengan capaian tertentu.

Pemecahan rekornya kembali terjadi pada tahun 1935. Pada tahun ini, Jean Batten terbang kembali ke Inggris, membuatnya menjadi wanita pertama di dunia yang melakukan penerbangan pulang-pergi.

Setelah itu, masih di tahun yang sama, Jean Batten melakukan perjalanan terbang sejauh 8.000 kilometer dari Inggris ke Brasil. Atas prestasinya ini, dia dinobatkan menjadi pilot wanita pertama yang terbang menjelajahi Samudra Atlantik bagian selatan.

Prestasinya berlanjut ke tahun 1936. Kali ini, Jean Batten menerbangkan pesawat dari Inggris ke Selandia Baru dalam kurun waktu 11 hari 45 menit.

Jean Batten memiliki seorang kucing bernama Buddy. Ke manapun ia pergi, Buddy pasti menemani. Oleh karena itu, tidak heran apabila Google menggambarkan sosok Buddy dalam doodle hari ini.

Sayangnya, karir penerbangan solo Batten mesti terhenti saat perang dunia kedua pecah. Persawat Percival Gull milik Batten mesti ikut serta dalam perang, tapi wanita kelahiran 15 September 1909 ini dilarang menerbangkannya.

Sepanjang perang dunia kedua, Batten bekerja sebagai dosen dan tidak pernah lagi menerbangkan pesawat. Dia meninggal pada 22 November 1982 akibat komplikasi yang terjadi pasca gigitan anjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wikipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com