Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja 15 Tahun Ajukan "Emoji" Hijab

Kompas.com - 15/09/2016, 10:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Rayouf Alhumedhi sadar betul soal kekuatan emoji (ikon dalam percakapan internet) sebagai bahasa komunikasi baru di era internet. Sayangnya, ia tak menemukan emoji yang mampu merepresentasikan dirinya dan perempuan-perempuan lainnya yang mengenakan hijab.

Remaja 15 tahun itu pun merasa tak leluasa berekspresi ketika mengobrol maya dengan teman-temannya via aplikasi chatting. Hal ini mendorong Alhumedhi membuat paket emoji hijab.

Perempuan asal Arab Saudi yang berdomisili di Berlin tersebut menjadi kepala pembuat proposal emoji hijab yang diajukan ke Unicode Consortium, sebagaimana dilaporkan WashingtonPost dan dihimpun KompasTekno, Kamis (15/9/2016).

Unicode Consortium merupakan lembaga non-profit yang mengatur dan menyetujui karya emoji baru. Semua emoji yang saat ini beredar resmi di internet seyogyanya telah melalui proses seleksi proposal di Unicode Consortium.

"Kami mengapresiasi Unicode dalam menghadirkan emoji-emoji yang beragam beberapa tahun belakangan," kata Alhumdehi.

"Namun, ini bukan berarti langkah tersebut berhenti. Ada banyak perbedaan di dunia, dan kita semua harus terepresentasikan," ia menambahkan.

Proses pengajuan emoji hijab Alhumedhi juga melewati jalan berliku. Mulanya remaja tersebut tak punya pengetahuan apa-apa soal pengajuan emoji.

Alhasil, ia menyurati Apple untuk mengakomodir idenya di sistem operasi iOS. Meski Apple dikenal menjunjung keberagaman, ide Alhumedhi nyatanya tak digubris.

Rayouf Alhumedhi Contoh emoji hijab yang diajukan ke Unicode Consortium.
Suatu saat, Alhumedhi pun tak sengaja melihat Story Mashable di Snapchat. Kala itu Mashable memberi tips mengajukan emoji bagi siapa saja yang berminat.

"Story Mashable sangat mencerahkan saya dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk mengajukan emoji ke Unicode Consortium," ia menuturkan.

Proposal emoji hijab tersusun atas tujuh halaman kertas dan bisa dilihat di laman Scribd di tautan berikut ini.

Di dalamnya tertera dukungan dari co-founder forum online Reddit, Alexis Ohanian. Ada juga seorang seniman grafis yang mengajukan diri untuk membantu Alhumedhi menggodok desain emoji hijab.

Unicode Consortium sendiri belum menyetujui resmi inisiasi Alhumedhi. Meski demikian, salah satu anggota sub-komite Unicode Consortium bersedia membantu Alhumedhi untuk mempertajam proposalnya agar lebih matang saat dibawa ke forum diskusi.

Alhumedhi sadar apa yang ia lakukan belum tentu diterima semua orang. Menurut dia, bakal ada pihak-pihak yang merasa Alhumedhi terlalu membesarkan isu sederhana.

"Tapi jika Anda lihat sekeliling dan memahami sebesar apa pengaruh dan dampak emoji hari ini untuk masyarakat modern, Anda akan mengerti," ia menjelaskan.

"Emoji benar-benar ada di mana-mana," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com