Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EOS M5, "Mirrorless" Rasa DSLR Dikenalkan Canon

Kompas.com - 15/09/2016, 18:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Canon memperluas jajaran kamera mirrorless miliknya dengan memperkenalkan model baru dengan seri EOS M5. Produk ini tampil berbeda dari pendahulunya dengan menganut form factor ala kamera DSLR dengan viewfinder di bagian tengah dan handgrip (pegangan tangan) di sisinya.

Desain seperti ini jarang dimiliki oleh kamera-kamera mirrorless merek lain, terutama jendela bidik elektroniknya yang terlihat menyembul.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (15/9/2016), EOS M5 memiliki sensor 24 megapiksel yang sama dengan kamera DSLR EOS 80D, juga buatan Canon.

Sensor penangkap gambar dengan rentang sensitivitas ISO 100-25.600 itu dipadukan dengan prosesor gambar Digic 7.

Berbekal 49 titik autofokus cross type dan teknologi “Dual Pixel AF”, EOS M5 sanggup menjepret kecepatan 7 frame per detik dengan continuous AF, atau 9 frame per detik dengan mengunci fokus.

Untuk video, EOS M5 sanggup merekam dengan resolusi hingga full-HD (1.920 x 1.080) dengan frame rate 60 fps. Canon ikut membenamkan teknologi image stabilizer berbasis software (digital) untuk meredam goyangan saat perekaman video.

Selain jendela bidik elektronik dengan resolusi 2,36 megapiksel, layar LCD 3,2 inci (1,6 megapiksel) di sisi belakang EOS M bisa ditekuk 85 derajat ke atas dan 180 derajat ke bawah sehingga menghadap ke depan untuk mempermudah pemotretan selfie.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Layar LCD Canon EOS M5 dapat ditekuk ke arah atas dan bawah

LCD tersebut merupakan jenis touchscreen yang bisa digunakan untuk navigasi sekaligus memilih area titik fokus.

Sebagai kamera yang menyasar kalangan enthusiast, EOS M5 turut dilengkapi aneka tombol dial untuk pengaturan manual, termasuk exposure compensation dan dua command dial. Pengaturan tombol-tombol tersebut juga menyerupai layout tombol kamera DSLR kelas menengah ke bawah Canon.

EOS M5 sekaligus menandai debut koneksi Bluetooth Low Energy pada kamera seri EOS dari Canon. Teknologi ini dapat menyambungkan kamera secara terus menerus dengan smartphone untuk mentransfer data GPS atau foto.

Bersama dengan EOS M5, canon turut memperkenalkan lensa mirrorless baru, EF-M 18-150 mm F3.5-6.3 IS STM.

Canon EOS M5 menurut rumor akan dibanderol sebesar 979 dollar AS atau sekitar Rp 12,9 juta (body only) saat mulai dijual November mendatang.

Ada juga versi kit dengan lensa EF-M 15-45 mm F35-64 IS STM seharga 1.099 dollar AS (Rp 14,5 juta) dan kit dengan lensa EF-M 18-150 mm F3.5-6.3 IS STM seharga 1.479 dollar AS (Rp 19,5 juta).

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com