Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibedah, iPhone 7 Ketahuan Pakai Samsung

Kompas.com - 18/09/2016, 16:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sudah menjadi tradisi bagi situs iFixit untuk membongkar dan mengoprek smartphone yang baru dirilis. iPhone 7, yang baru dijual resmi pada Jumat (16/9/2016) di beberapa negara tertentu, tidak luput dari tradisi tersebut.

Ada satu hal menarik dari hasil bongkar pasang tersebut. iPhone 7 ketahuan memakai komponen penting bikinan Samsung, yakni RAM 2 GB.

Selama ini, Samsung memang kerap menyuplai komponen-komponen penting untuk smartphone buatan Apple. Selain RAM, komponen utama lainnya adalah layar.

Hal ini terbilang unik. Sebab Apple dan Samsung sejatinya merupakan kompetitor kuat di industri smartphone. Keduanya juga beberapa kali bersitegang soal paten.

Selain spesifikasi RAM, hasil bedah iPhone 7 juga menunjukkan kapasitas baterai 1.960 mAh, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Minggu (18/9/2016).

Baterai tersebut sedikit lebih besar dari iPhone 6s yang memiliki kapasitas 1.715 mAh.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap iPhone 7 dan 7 Plus

Pada acara peluncuran resminya di San Francisco, AS, Apple mengklaim baterai iPhone 7 dan 7 Plus lebih tahan lama satu jam dibandingkan pendahulunya. Bukan semata-mata berkat kapasitasnya, tapi juga optimisasi software dan hardware.


Fakta menarik lain dari pengoprekan iPhone 7 adalah soal hilangnya adaptor audio jack. CEO Apple Tim Cook mengatakan jack mengambil porsi tempat sangat besar dan harus dilengserkan agar komponen lain yang lebih penting bisa masuk.

Baca: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio dan Tombol “Home”?

Padahal, hasil pengoprekan tak menemukan ada komponen teknologi canggih yang menempati tempat jack. Yang ada cuma plastik dan saluran audio.

"Tak ada elektronik keren di sini, hanya rancangan akustik dan cetakan plastik," kata sang pengoprek dari iFixit tersebut.

Baca: Begini Tampang iPhone 7 dan 7 Plus dari Berbagai Sisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com