Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Akan Tutup Kantor Skype di London

Kompas.com - 19/09/2016, 12:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah-tengah upaya industri teknologi Inggris menyatakan eksistensinya setelah negeri tersebut memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa, Microsoft dilaporkan bakal menutup kantor-kantor Skype di London.

Rencana penutupan kantor ini mengancam kelangsungan kerja sebanyak 400 pegawai Skype yang berkantor di Ibukota Inggris itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Financial Times, Senin (19/9/2016).

“Kami berkomitmen melakukan apapun yang dimungkinkan untuk membantu mereka yang terdampak,” sebut Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Skype adalah penyedia layanan komunikasi online berbasis voice over IP (VoIP) dan video conference yang didirikan di London pada 2003 lalu. Microsoft mengakuisisi Skype senilai 8,5 miliar dollar AS atau hampir Rp 112 triliun pada 2011.

Pada tahun yang sama, Apple memperkenalkan layanan serupa bernama FaceTime yang bisa digunakan secara gratis untuk pengguna iPhone sehingga mengancam keberlangsungan bisnis Skype.

Salah satu pukulan terakhir datang ketika WhatsApp -aplikasi pesan instan dengan jumlah pengguna terbesar di dunia- mulai menawarkan jasa voice call gratis tahun lalu.

Sejumlah pegawai Skype di London yang diwawancarai oleh Financial Times menyatakan tak terkejut dengan langkah Microsoft. Sebelumnya, para petinggi di Skype secara bertahap telah digantikan oleh orang-orang lain dari Microsoft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com