Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironis, Software Pemblokir Iklan Malah Berjualan Iklan

Kompas.com - 19/09/2016, 20:05 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna internet yang memasang AdBlock Plus di browsernya selama ini selalu nyaman berselancar di dunia maya. Pasalnya, add-on gratis yang hadir di peramban Chrome dan Firefox ini selalu menjadi petugas penghalau iklan.

Akan tetapi, dalam waktu dekat, kenyamanan tersebut akan mulai terganggu. Eyeo, perusahaan pembuat AdBlock Plus, mengumumkan layanan baru yang, ironisnya, malah mengizinkan add-on itu untuk menampilkan iklan yang mereka jual.

Melalui fitur itu, AdBlock Plus dikatakan akan mengganti iklan yang dianggapnya "buruk" dengan iklan "baik" atau "bisa diterima" untuk sebuah situs web.

Kriteria iklan "buruk" yang dimaksud seperti memiliki tampilan ukuran yang terlalu besar atau mengganggu. Sebaliknya, iklan "baik" memiliki ukuran yang lebih kecil dan secara teori tidak terlalu mengganggu tampilan halaman web.  

Di layanan iklan ini, Eyeo akan membuat semacam marketplace berisi iklan (Ad Exchange) yang masuk ke kriteria "baik". Blog atau situs web dapat memilih iklan melalui marketplace tersebut.

Nantinya, jika ada pengguna Adblock Plus mengunjungi blog atau situs tersebut, bakal melihat iklan "baik" tersebut ketimbang iklan "buruk" yang biasanya ada di situs.

"Ini mengizinkan Anda untuk mengatasi dua ekosistem yang benar-benar berbeda dan monetisasi," ujar Ben Williams, Director Operations & Communications AdBlock Plus, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Senin (19/9/2016).

Marketplace ini sendiri merupakan penambahan dari layanan Acceptable Ads yang sudah berjalan sejak 2011 lalu. Sejak saat itu, pihak Ad Blocker sebenarnya sudah menyajikan iklan. Hanya saja, jumlah iklannya tidak terlalu banyak.

Dapat respons negatif

Banyak pengguna AdBlock Plus yang mengeluarkan komentar negatifnya terkait layanan baru itu.

"Mendingan meninggal sebagai pahlawan daripada hidup cukup lama untuk melihat diri sendiri berubah menjadi penjahat," lritik seorang pengguna Reddit, mengutip karakter Harvey Dent di film The Dark Knight Rises.

Layanan baru itu juga membuat perdebatan panjang di Reddit. Tercatat sudah ada sekitar 2.000 reply di thread khusus layanan forum itu.

Review teranyar AdBlock Plus di Google Chrome, yang biasanya mendapatkan lima bintang, turun menjadi satu dan dua bintang setelah pengumuman tersebut.

"Memangnya Anda siapa? Polisi internet?" ujar pengguna Chrome, sebagaimana dilansir New York Times.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com