Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Punya Fitur bagi yang Ragu Unggah Foto

Kompas.com - 22/09/2016, 06:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan fitur baru untuk Anda yang kerap galau mengunggah foto. Bertajuk Save Draft, fitur itu memungkinkan pengguna menyimpan foto yang tadinya ingin diunggah tapi tak jadi karena masih ragu.

Sebelumnya, saat tak jadi mem-posting, foto atau video akan hilang begitu saja. Padahal pengguna sudah menghabiskan waktu bermenit-menit bahkan berjam-jam untuk mecari filter, mengatur kontras, dan menyetel tone warna yang tersedia di Instagram.

Intinya, Save Draft membuat konten pengguna aman. Tak ada foto atau video yang serta-merta dihapus cuma karena keragu-raguan pengguna, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Kamis (22/9/2016).

Konten yang tersimpan di Save Draft bisa ditengok dan diedit kembali hingga pengguna benar-benar yakin bahwa konten itu layak dibagi ke jejaring sosial bernuansa ungu-kekuningan itu. 


Lantas, bagaimana cara mengoperasikannya? Pertama, pengguna cukup menekan ikon kamera di sisi bawah layar aplikasi. Lalu bidik foto/video langsung dari Instagram atau comot dari galeri.

Selanjutnya, bubuhkan efek, filter, caption, dan lokasi seperlunya pada konten yang hendak dibagi. Jika sudah rampung tapi masih ragu mengunggah, pengguna cukup kembali ke tahap pemberian filter.

Di situ, ada pilihan ikon panah ke kiri alias kembali (back) di sisi kiri atas. Tekan ikon itu dan pilih Save Draft di sisi bawah layar.

Untuk melihat konten yang terhimpun di Save Draft, Anda hanya perlu menekan ikon kamera lalu pilih Library. Konten-konten akan menampakkan dirinya di sisi bawah layar.

Sebagai catatan, Save Draft cuma bisa berfungsi jika pengguna sudah mengedit foto, menge-tag teman, membubuhkan caption atau lokasi. Jika belum, Save Draft tak bekerja sebagaimana mestinya.

Fitur ini pertama kali diuji coba pada Juli lalu, dan akan disebar bertahap oleh Instagram. KompasTekno sendiri belum bisa memanfaatkan fitur tersebut. Bagaimana dengan Anda? Pastikan Anda sudah mengunduh versi teranyar Instagram di iOS maupun Android terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com