Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rodeo FX Buka-bukaan soal Efek Visual di "Game of Thrones"

Kompas.com - 23/09/2016, 20:39 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian besar pecinta serial televisi barat, pasti pernah menonton atau setidaknya mendengar mengenai film Game of Thrones. Film ini berhasil memikat banyak orang di seluruh dunia melalui ceritanya yang menarik dan efek visual yang memukau.

Para penikmat serial Game of Thrones pastinya sudah mengetahui bahwa film tersebut diangkat dari novel karya George R. R. Martin. Namun, tahukah Anda siapakah pihak yang dipercaya membuat efek visual film televisi populer tersebut?

Rodeo FX, merupakan salah satu nama studio yang ditunjuk untuk menggarap visual efek film Game of Thrones. Lewat tangan para artis di tempat itulah, para penonton bisa menikmati berbagai efek yang menakjubkan.

VP Development & Technology Rodeo FX Jordan Soles memberi contoh, pihaknya yang bertanggung jawab membuat efek visual berbagai kota dan pemandangan.

"Efek visual di kota City of Mereen (salah satu kota besar di dunia Game of Thrones) dikerjakan oleh Rodeo FX," tutur Soles kepada KompasTekno dalam sebuah sesi wawancara di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Deliusno/Kompas.com Jordan Soles, VP Development & Technology Rodeo FX, saat berbincang dengan KompasTekno di Jakarta, Selasa (21/9/2016)

Gunung-gunung yang kebanyakan terlihat di film ini ternyata tidaklah nyata, melainkan efek visual yang dibuat oleh Rodeo FX. Begitu juga dengan kota-kota yang ada di dunia Game of Thrones.

Selain itu, efek-efek debu dan patung kuda, seperti yang tampak di gambar bawah ini, juga dikerjakan oleh efek visual.

Rodeo FX Sebelum diberikan efek visual

Rodeo FX Setelah diberi efek visual

Untuk mengerjakan efek visual film, Rodeo FX kebanyakan menggunakan software dari Autodesk, seperti Maya, Flame, dan Shotgun.

Belum berpengalaman membuat efek visual makhluk

Soles mengisahkan, Rodeo FX ditunjuk untuk mengerjakan efek visual Game of Thrones sejak 2013 lalu, tepatnya mulai dari season 4.

Kala itu, Rodeo FX langsung ditunjuk untuk mengerjakan efek visual hewan fantasi naga. Kemudian, studio itu juga yang bertugas membuat efek visual bangsa White Walkers beserta kuda yang ditungganginya.

White Walkers sendiri merupakan bangsa legenda di serial Game of Thrones. Wujudnya seperti manusia, tetapi dengan kulit keriput dan tulang belulang yang terlihat. Wujud tersebut dianggap wajar karena umur para White Walkers sendiri sudah ribuan tahun.

Nah, untuk pengerjaan efek makhluk-makhluk tersebut, Soles menceritakan, Rodeo FX sempat kesulitan. Pasalnya, saat itu, studio tersebut tidak pernah membuat efek visual makhluk sama sekali.

"Itu pertama kalinya bagi kami mengerjakan efek visual makhluk. Bayangkan, di awal-awal kami sudah harus membuat tiga efek visual naga," tutur Soles.

Para artis juga selalu dituntut menghasilkan karya yang berkualitas sangat tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com