Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2016, 14:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Jejeran kios-kios ponsel di ITC Kuningan, Jakarta memajang aneka gadget dari berbagai produsen. Di balik etalase yang diterangi lampu neon, tersembunyi dari pandangan mata, ada dua pendatang baru yang mulai bisa ditemukan dengan bertanya langsung kepada penjual.

iPhone 7? Ada kok. Mau yang warna apa? Gold, rose, atau black?” kata Siska, salah seorang penjaga toko di pusat gadget lantai dua tersebut, menanggapi pertanyaan KompasTekno, Rabu (21/9/2016) sore.

Selain iPhone 7, toko itu juga menjual iPhone 7 Plus, sang “saudara” yang memiliki layar berukuran lebih lebar dan dilengkapi kamera ganda.

Seorang penjual lain di toko yang sama dengan sigap mengambil sebuah iPhone 7 Plus untuk ditunjukkan kepada KompasTekno, masih dalam keadaan tersegel di dalam kemasannya.  

“Kalau iPhone 7 Plus harganya Rp 25 juta untuk yang rose gold, 128 GB. Yang black lebih mahal lagi,” kata Siska menjelaskan harga perangkat yang bersangkutan. Adapun iPhone 7 dibanderol mulai harga Rp 16 juta untuk versi  32 GB dengan warna rose gold atau gold.

Varian warna hitam dijual lebih mahal, mencapai Rp 17 juta, sama dengan iPhone 7 rose gold dengan memori 128 GB. Siska mengatakan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus warna hitam lebih diburu oleh pembeli ketimbang dua varian warna lain. Karena itulah banderolnya lebih tinggi.

Black-nya yang matte ya, kalau yang jet black, yang glossy itu belum masuk,” kata Siska sambil menambahkan bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus telah mulai beredar di ITC Kuningan, Jakarta, sejak sepekan lalu.

Kendati mahal, Siska mengaku tak kesulitan menjual duo iPhone 7. Hari itu saja, dia mengaku sudah menjual 4 unit iPhone 7. “Kemarin malah ada yang borong lima unit iPhone 7 Plus. Nggak tahu buat apa,” tuturnya.

Harga bervariasi

Banderol awal yang dipatok toko Siska untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus termasuk tinggi dibandingkan rekan-rekan sejawatnya. Vera, seorang penjaga toko lain di lantai yang sama, menawarkan iPhone 7 rose gold 128 GB seharga Rp 14,5 juta, sementara iPhone 7 Plus rose gold 128 GB dijual Rp 20,5 juta.

Beberapa toko lain menawarkan harga yang lebih rendah lagi. Ada yang menjual iPhone 7 rose gold 128 GB dengan harga Rp 13,5 juta. Satu kesamaan mereka, varian warna hitam selalu dijual lebih mahal.

Selain itu, semua iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang beredar di pusat gadget di Kuningan itu merupakan barang yang masuk lewat jalur non-resmi, atau biasa dikenal dengan istilah black market (BM).

“Iya, kalau di iBox (jaringan toko milik Erajaya yang menjadi distributor resmi Apple di Indonesia) ‘kan masih mentok di iPhone 6. Mereka nggak ada iPhone 6S, apalagi iPhone 7,” ujar Vera.

Baca: Berapa Harga iPhone 7 dan 7 Plus?

Dia mengingatkan KompasTekno bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dijualnya tak bisa klaim garansi di jaringan toko iBox. Namun, Vera bersedia membantu klaim garansi di luar negeri, sesuai dengan negara asal ponsel yang diselundupkan ke Indonesia itu, apabila ternyata ada kerusakan atau cacat produksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com