Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doodle Hari Ini "Google Birthday", Berapa Usia Google?

Kompas.com - 27/09/2016, 06:20 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Bila membuka halaman utama mesin pencari Google hari ini, Selasa (27/9/2016), Anda akan menemukan sebuah animasi "Google Birthday". Animasi tersebut ternyata merayakan hari ulang tahun Google yang ke-18.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1998 silam. Selanjutnya, tanggal 27 September ditandai sebagai hari kelahiran mesin pencari Google.

Meskipun demikian, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Telegraph, tak ada yang benar-benar yakin soal tanggal terbentuknya Google. Bahkan, orang-orang di dalam perusahaan itu pun tak mengetahuinya.

Perayaan ulang tahun setiap 27 September itu pun baru dilakukan sejak 2006 lalu. Sedangkan setahun sebelumnya, yaitu pada 2005, Google merayakan ulang tahun di tanggal 26 September.

Perubahan tanggal ulang tahun ini bukan cuma terjadi sekali. Sebelum tahun 2005 pun Google sudah merayakan ulang tahun di tanggal yang berbeda.

Tepatnya, pada 7 September 2004 lalu, raksasa mesin pencari ini menayangkan Google Doodle perayaan ulang tahunnya sendiri ke seluruh dunia. Sedangkan pada 2003, ulang tahun tersebut dirayakan pada 8 September.

Tanggal-tanggal yang berbeda itu tidak terlihat memiliki keterkaitan satu sama lain. Namun bila menilik sejarah, dapat dilihat bahwa pendaftaran Google sebagai perusahaan dilakukan pada 4 September 1998.

Artinya, bila melihat dari perspektif perusahaan, maka tanggal 4 September bisa jadi merupakan hari kelahiran Google yang paling masuk akal.

Walau demikian, jangan lupakan bahwa Google sebenarnya sudah mulai dirintis sejak tahun yang lebih lama dari itu. Ide pembuatannya mulai digarap pada 1996 silam, sebagai sebuah proyek riset di Stanford University.

Sekadar diketahui, Google sendiri mengakui bahwa hari ulang tahunnya dirayakan di empat tanggal berbeda selama beberapa tahun belakangan ini. Namun sementara waktu ini, perusahaan mesin pencari itu memutuskan 27 September sebagai hari kelahirannya.

Baca juga: Kapan Tepatnya Tanggal Ulang Tahun Google?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com