Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putar Haluan, Xiaomi Berencana Buka 1.000 Toko Fisik

Kompas.com - 30/09/2016, 09:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Xiaomi selama ini dikenal sebagai pabrikan smartphone murah meriah yang mengandalkan distribusi online demi menekan biaya. Namun, belakangan vendor asal China tersebut dikabarkan berputar haluan dan berencana membuka toko ritel fisik.  

Jumlahnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (30/9/2016), mencapai 1.000 toko yang ditargetkan selesai dibangun pada 2020 mendatang.

Outlet Mi Home yang selama ini hanya menampilkan sejumlah produk elektronik seperti rice cooker, speaker bluetooth, dan beberapa ponsel, akan ikut dipermak menjadi toko ritel sepenuhnya.

Sebanyak 60 toko ritel Xiaomi rencananya sudah akan mulai beroperasi menjelang akhir tahun 2016.

CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan bahwa calon pembeli akan bisa “menyentuh dan mencoba” aneka gadget Xiaomi di jaringan toko ini.

Dia tak mengungkap di mana saja Xiaomi akan membuka toko. Sebagian besar di antaranya diperkirakan bakal terkonsentrasi di Negeri Tirai Bambu yang menjadi rumah Xiaomi.

Bisnis smartphone Xiaomi belakangan diketahui menurun. Pada kuartal kedua tahun ini, angka pengapalan smartphone di China tercatat menurun sebesar 38,4 persen secara year-over-year, menurut estimasi IDC.

Penurunan itu disebabkan oleh persaingan antar vendor yang makin ketat, seperti Huawei yang memiliki 11.000 toko fisik di seantero China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com