Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti MacBook Pro Bakal Usung Panel Sentuh

Kompas.com - 30/09/2016, 18:45 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sedang mendesain ulang lini produk MacBook Pro buatannya. Rencananya, model baru laptop ini dirancang memiliki pemindai sidik jari Touch ID dan panel sentuh.

Panel sentuh yang dimaksud berjenis OLED. Rencananya, panel itu  akan diletakkan di bagian atas keyboard, tepatnya sebagai pengganti deretan tombol Function (F).

Bocoran foto yang beredar di internet menunjukkan rangka MacBook Pro yang menyiapkan panel khusus di atas tuts keyboard. Panel yang biasanya berlubang untuk menampung tombol-tombol Function itu kini dibuat rata.

Inilah yang menimbulkan spekulasi tombol Function di MacBook Pro baru akan menggunakan panel sentuh.

Selain panel sentuh, di sisi hardware, Apple disebut bakal memakai prosesor grafis Polaris untuk MacBook Pro edisi 15 inci. Polaris merupakan prosesor grafis terbaru AMD yang dijanjikan memiliki kinerja tinggi untuk kebutuhan VR, game, hingga streaming video.

Informasi yang dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Jumat (30/9/2016), menyebutkan bahwa saat ini raksasa elektronik Amerika Serikat itu sedang bekerja keras mengembangkan sistem operasi MacOS 10.12.1.

Sistem operasi itu berisi berbagai software yang bisa mendukung dan menjalankan ftur baru MacBook Pro, mulai dari Touch ID hingga soal panel sentuh.

Dalam sepekan mendatang, ada kemungkinan Apple akan merilis satu versi beta lagi, yaitu MacOS 10.12.1 untuk pengembang aplikasi dan pengujian beta untuk publik. Setelah perilisan tersebut, maka Apple akan menyelesaikan pembaruan piranti lunaknya dengan target satu pekan.

Sistem operasi yang sudah siap, nantinya akan dimasukkan ke dalam MacBook Pro terbaru. MacBook Pro ini akan bisa dilihat saat perilisan pada sekitar pertengahan Oktober 2016.

Namun Apple bisa saja menunda peluncuran MacBook Pro dari prediksi yang telah disebutkan. Pasalnya, seiring dengan penyelesaian software, bisa saja Apple menemukan bug atau masalah tertentu yang harus diselesaikan sebelum merilisnya ke publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com