Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leica dan Huawei Bikin Pusat Riset Fotografi

Kompas.com - 01/10/2016, 18:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Hubungan Leica dengan Huawei semakin akrab saja. Setelah bekerja sama membuat ponsel seri P9, kali ini keduanya mendirikan laboratorium pusat riset dan inovasi untuk mengembangkan teknologi fotografi.

Laboratorium tersebut diberi nama Max Berek Innovation Lab. Kedua perusahaan sepakat meletakkannya di kantor pusat Leica, di kota Wetzlar, Jerman.

Nama Max Berek sendiri berasal dari pionir mikroskop asal Jerman sekaligus pencipta lensa Leica pertama. Berek pun terkenal sebagai perancang optik pada lebih dari 20 lensa untuk kamera 35 mm buatan Oskar Barnack.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Sabtu (1/10/2016), para peneliti di laboratorium Max Berek akan bekerja mencari teknologi dan cara meningkatkan kualitas foto, baik berdasarkan optik secara fisik, maupun dengan memanfaatkan pemrosesan software.

Pekerjaan tersebut akan mencakup berbagai bidang, mulai dari fotografi tradisional, komputasi pemrosesan gambar, augmented reality, hingga virtual reality. Selain itu, laboratorium prakarsa Leica dan Huawei ini juga bekerja sama dengan berbagai peneliti dari seluruh dunia.

“Sekitar lebih dari 90 persen traffic data di masa depan berisi foto dan video. Kami mendirikan Max Berek Innovation Lab sebagai suatu kerja sama yang lebih erat dengan Leica, sekaligus agar menjadi pemimpin dalam upaya meningkatkan kualitas foto dan video,” tutur CEO Huawei Ren Zhengfei.

“Sebagai hasilnya, kami akan menciptakan inovasi paling canggih dalam kategori kamera ponsel,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com