Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bikin Aplikasi Buat yang Ogah Diam di Rumah

Kompas.com - 09/10/2016, 11:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Tak kurang dari 100 juta informasi acara dibagi ke Facebook setiap harinya, mulai dari festival musik, pameran seni, hingga kehidupan malam. Tak cuma berbagi, netizen juga dikatakan mencari acara menarik lewat Facebook.

Sayangnya, informasi yang terlalu banyak membuat aliran linimasa Facebook sangat cepat bergulir. Alhasil ada saja informasi acara yang luput dari pantauan netizen.

Facebook berusaha mereduksinya dengan meluncurkan aplikasi bertajuk "Events from Facebook", sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (9/10/2016) dari Newsroom Facebook.

Intinya, jika Anda ingin mencari acara menarik untuk dihadiri bersama teman, atau hanya ingin tahu apa yang terjadi di wilayah sekitar tempat tinggal, Events bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang tak bisa diam di rumah dan selalu ingin merasakan pengalaman baru.

Newsroom Facebook. Antarmuka Events from Facebook.

Ketika membuka aplikasi Events, ada beberapa rekomendasi acara yang disodorkan. Semuanya berasal dari tiga sumber: Page yang Anda like, update dari acara yang telah terkoneksi dengan Anda, serta pilihan acara teman-teman di Faceboook. 

Jika ingin mengeksplor lebih jauh, Anda bisa mencari rekomendasi berdasarkan waktu, lokasi, dan ketertarikan. Antarmuka aplikasi memperlihatkan peta digital interaktif sehingga memudahkan Anda mengetahui jarak dari rumah ke acara A atau B.

Newsroom Facebook. Antarmuka Events from Facebook.

Paling akhir, Anda bisa memasukkan acara-acara menarik ke dalam kalendar pada aplikasi. Kalendar itu bakal mengingatkan Anda jika harus menghadiri acara tertentu.

Meski merupakan aplikasi sendiri, informasi yang Anda bagi di Events akan terhubung ke Facebook. Dengan begitu, teman bisa tahu apa saja acara yang bakal Anda hadiri dan seperti apa ketertarikan Anda., walau teman tak menginstal aplikasi Events.

Aplikasi ini untuk sementara masih berlaku eksklusif untuk pengguna iOS di Amerika Serikat. Facebook berjanji akan segera memboyongnya untuk pasar yang lebih luas, baik di iOS maupun Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com