Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prisma di Android Sudah Bisa Olah Foto secara "Offline"

Kompas.com - 10/10/2016, 06:53 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Di awal peluncurannya, aplikasi pengedit foto Prisma membutuhkan koneksi internet untuk beroperasi. Hal ini kerap memperlambat proses pengeditan karena bergantung pada stabilitas jaringan.

Lalu, pada akhir Agustus lalu, pengguna Prisma di platform iOS sudah bisa mengedit foto tanpa koneksi internet. Nah, kini kemampuan yang sama juga dimungkinkan di platform Android.

Dilansir KompasTekno, Minggu (10/10/2016) dari AndroidAuthority, sebanyak 60 persen filter di Prisma sudah bisa digunakan untuk mengedit foto secara offline.

Prisma sesumbar ke depannya 100 persen filter yang tersedia bisa digunakan secara offline. Namun belum jelas kapan realisasi dari rencana itu.

Dengan mode offline, proses pengeditan mengandalkan CPU pada smartphone. Jadi, ponsel high-end dengan prosesor berotak apik bakal sangat memudahkan pengoperasian Prisma tanpa internet.

Menurut Co-founder Prisma, Aram Airapetyan, pemrosesan satu filter ke foto membutuhkan waktu dua detik pada Samsung Galaxy S7 dan lima detik pada Xiaomi Redmi Note 3.

Dengan mode offline ini, tak ada lagi notifikasi bahwa Prisma kelebihan kapasitas akibat server tak mampu menopang pengeditan yang terlampau banyak.

Prisma offline di Android cuma bisa digunakan pengguna Lollipop 5.0 ke atas. Prisma mengatakan sedang mempersiapkan kemampuan offline untuk versi KitKat 4.4.

Aplikasi Prisma mampu mengubah foto biasa menjadi karya seni bercita rasa tinggi. Pengguna cukup membidik foto apa saja, baik selfie maupun pemandangan alam.

Tiap-tiap filter akan mengubah foto menjadi sketsa pensil, lukisan realis, atau lukisan-lukisan dengan gaya yang beragam. Pengguna juga bisa menyetel intensitas pengeditan dengan menggeser skala pada layar.

Bagi Anda yang belum mengunduh Prisma, aplikasi ini tersedia di iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com