Epson Luncurkan Proyektor Rp 1 Miliar di Yogyakarta - Kompas.com

Epson Luncurkan Proyektor Rp 1 Miliar di Yogyakarta

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 10/10/2016, 14:00 WIB
Reska K. Nistanto/Kompas.com Amy Kwa, Head of Department Projector Division Epson Singapore (kiri) bersama petinggi Epson membuka selubung proyektor laser 3LCD seharga Rp 1 miliar, di Yogyakarta, Senin (10/10/2016).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Epson merilis proyektor laser 3LCD dengan tingkat kecerahan 25.000 lumens, seri EB-L25000U. Proyektor seharga Rp 1 miliar ini diklaim sebagai yang pertama di dunia dengan tingkat lumens setinggi itu, juga paling terang di kelas proyektor laser 3 LCD.

Menurut Epson Managing Director South East Asia, Tanaka Toshimitsu, peluncuran proyektor ini sangat penting bagi Epson, karena produk ini benar-benar membedakannya dengan kompetitor.

"Proyektor ini menjadi yang paling terang saat ini, dengan teknologi (3LCD) yang kami kembangkan, kami bisa membuat gambar sedemikian terang, sehingga mengalahkan kompetitor," kata Toshimitsu di acara peluncuran di Yogyakarta, Senin (10/10/2016).

Sementara Naito Keijiro selaku Deputy COO Visual Products Division Epson mengatakan bahwa di kelas proyektor 25.000 lumens, teknologi yang berperan di dalamnya sangat penting.

"Core teknologi Epson (3LCD) lebih kecil, sehingga selain mampu memberikan gambar terang, ukurannya juga lebih compact dan lebih ringan (dibanding produk kompetitor sekelas)," kata Keijiro.

EB-L2500U memiliki bobot 65 kg dengan rasio kontras 2.500.000:1. Proyektor ini diklaim Epson bisa dipakai secara terus menerus selama 24 jam, sepanjang 20.000 jam sebelum kecerahannya mulai menurun. Proyektor juga bisa dipasang dan digerakkan secara fleksibel 360 derajat.

Lensa proyektor juga telah mendukung resolusi gambar 4K (empat kali Full HD), sehingga jika resolusi tersebut sudah populer di masyarakat, pengguna tidak perlu melakukan upgrade.

EB-L2500U juga menarget pengguna di segmen event staging, konser, large adutiorium, museum, simulator, dan digital signage.

Proyektor ini oleh Epson dibanderol dengan harga rekomendasi 80.000 dollar AS (Rp 1,03 miliar).

Walau terbilang mahal, namun menurut Siew Jin Kiat, GM Printers and Visual Products Division Epson SEA, harga tersebut lebih kompetitif dibandingkan dengan proyektor lain dengan tingkat kecerahan yang sekelas.

"Anda harus melihatnya dari sudut pandang total cost, lampu proyektor ini baru harus diganti setelah 20.000 jam, komponen lain di dalamnya juga lebih awet," ujar pria yang akrab disapa JK itu.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM