Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Incar 2 Juta Pelanggan Baru dari Paket MiFi-Router

Kompas.com - 10/10/2016, 18:19 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL baru saja merilis paket mobile broadband (internet mobile) dengan bundel perangkat berupa mobile WiFi (MiFi) dan router. Paket tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah pelanggannya.

“Minimal akhir tahun depan kami bisa dapat dua juta pelanggan di sini, campur antara MiFi dan router. Pemasukannya, akhir tahun depan minimal Rp 1 triliun hanya dari itu, belom termasuk bundling dan lain-lainnya,” terang Senior Advisor Transformation Projects XL, Rashad Javier Sanchez, di sela media update persiapan layanan mobile broadband XL di Jakarta, Senin (10/10/2016).

Javier yakin penjualan MiFi dan router akan menarik minat pengguna layanan internet. Pasalnya kedua alat ini lebih andal ketimbang menggunakan ponsel untuk tethering koneksi internet.

“Karena kalau tethering di phone itu ada satu masalah besar. Baterai cepat habis, sedangkan ponsel itu untuk komunikasi. Bandingkan dengan MiFi yang bisa terhubung ke 10 orang dan tahan 6 jam,” ujarnya.

Chip pada ponsel juga dibuat multi purpose, sedangkan di modem itu khusus untuk menangani data jadi bisa dapat sinyal leboh kuat di tempat yang sinyalnya lemah,” imbuhnya.

Paket internet mobile yang ditawarkan XL terdiri dari dua jenis, yaitu Rp 750.000 untuk 90 GB (30 GB per bulan) plus MiFi Huawei dan Rp 1,5 juta untuk 240 GB (80 GB per bulan) plus router Huawei.

Masing-masing kuota yang diberikan berlaku selama tiga bulan. Setelahnya, pengguna mesti membeli paket internet lain.

Kartu SIM yang disematkan pada paket internet ini dioptimalkan untuk layanan data. Dengan kata lain, nomor tidak dapat dipakai di ponsel untuk menelepon atau SMS. MiFi atau router yang dipakai pun dikunci sehingga hanya bisa dipakai nomor XL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com