Proyektor Rp 1 Miliar Epson Bisa Apa Saja? - Kompas.com

Proyektor Rp 1 Miliar Epson Bisa Apa Saja?

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 11/10/2016, 11:51 WIB
Reska K. Nistanto/Kompas.com Amy Kwa, Head of Department Projector Division Epson Singapore memamerkan proyektor EB-L25000U di Yogyakarta, Senin (10/10/2016).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Epson baru saja merilis proyektor laser 3LCD terbaru dengan tingkat kecerahan yang diklaim tertinggi hingga saat ini, yakni 25.000 lumens. Proyektor ini dijual dengan banderol harga mulai Rp 1 miliar.

Menyasar pengguna di segmen event staging dan konser/pertunjukan, apa saja yang ditawarkan Epson dengan EB-L25000U ini?

Amy Kwa, Head of Department Projector Division Epson Singapore dalam presentasinya di hadapan jurnalis negara-negara ASEAN, mengatakan bahwa ada tiga keunggulan yang diusung oleh proyektor dengan seri EB-L25000U ini, yakni kualitas gambar, daya tahan, serta fleksibilitas.

Dari segi kualitas gambar, Epson EB-L25000U menggunakan sumber cahaya laser ditambah teknologi 3LCD khas Epson yang diklaim bisa menghadirkan gambar lebih terang dibandingkan dengan proyektor berbasis chip (DLP).

LCD berbahan fosfor anorganik yang digunakan juga menghadirkan kontras warna dan rentang dinamis yang lebih tinggi. Rasio kontras yang dihasilkan mencapai 2.500.000:1.

"Proyektor laser tidak butuh warm up saat dinyalakan, jadi tidak ada waiting time," kata Amy di acara peluncuran di Yogyakarta, Senin (10/10/2016).

Selain itu, lensa EB-L25000U juga didesain future proof, lensa-lensanya sudah mendukung resolusi 4K, sehingga pengguna tidak perlu melakukan upgrade lagi di masa mendatang.

Dari segi daya tahan, Amy menjelaskan bahwa mesin optik lensa proyektor EB-L25000U benar-benar terlindungi. Denagn sistem sealed optical engine ini, maka biaya perawatan bisa lebih ditekan.

"Pengguna bisa memakainya selama 20.000 jam tanpa henti, sebelum tingkat kecerahannya mulai menurun," ujar Amy.

Epson juga memberikan garansi 3 tahun atau 20.000 jam untuk lampu laser proyektor kelas flagship-nya ini.

Bodi proyektor didesain agar terlidungi dari debu, kotoran , atau asap, sehingga bisa dipakai di berbagai pertunjukan konser, baik indoor maupun outdoor, tanpa khawatir cepat rusak. Proyektor yang memiliki bodi berbahan logam ini juga telah menjalani uji jatuh berkali-kali di laboratorium Epson.

Meski berbahan logam, namun berkat core teknologi 3LCD Epson, maka proyektor ini memiliki desain yang compact di kelasnya, bobotnya pun lebih ringan, yakni sekitar 65 kg jika dbannding proyektor lain sekelasnya yang mencapai 79 kg.

Sementara dari segi fleksibilitas, Epson EB-L25000U memiliki delapan lensa optik yang bisa dipilih untuk proyeksi di berbagai jarak. Besaran layar maksimal yang bisa diproyeksikan mencapai 100 inci dengan resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel, rasio 16:10.

Bodi proyektor juga bisa dipasang fleksibel, pengguna bisa memutarnya ke segala arah tanpa adanya penurunan kualitas gambar.

Epson EB-L25000U tersedia di Indonesia dalam waktu dekat, dengan banderol harga mulai 80.000 dollar AS (sekitar Rp 1,03 miliar). 

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM