Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi "Paint" di Windows 10 Bakal Bisa Gambar 3D

Kompas.com - 12/10/2016, 13:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Semua yang memakai sistem operasi Windows, pasti mengenal aplikasi grafis sederhana bernama Paint. Sekarang, Microsoft sedang mengerjakan modifikasi aplikasi tersebut, khusus untuk Windows 10.

Microsoft sebenarnya selalu menyematkan aplikasi Paint di setiap edisi Windows. Hanya saja, saat merilis Windows 10, raksasa software itu hanya menyematkan aplikasi Paint biasa, tanpa  pembaruan apapun.

Kini Microsoft sedang menyiapkan aplikasi Paint yang benar-benar baru dan berbeda. Persiapan tersebut diketahui dari sebuah video tinjauan aplikasi Paint yang diunggah ke Twitter oleh akun @WalkingCat

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (12/10/2016), video tersebut memperlihatkan aplikasi Paint masih memiliki berbagai fitur-fitur lama. Namun Microsoft memberikan tambahan fitur 3D objects pada aplikasi tersebut.

Sederhananya, pengguna Paint edisi Windows 10 ini bisa mencoret-coret dengan bebas atau membuat benda tertentu, kemudian mengubahnya menjadi objek 3D.

Selain itu, Microsoft juga menyematkan berbagai peralatan gambar untuk membantu penggunanya. Antara lain berupa kuas, pensil, berbagai jenis marker dan sebagainya.

Seluruh peralatan desain di dalam Paint terbaru tampaknya mudah dioperasikan menggunakan sentuhan atau pena khusus. Antarmuka aplikasi pun diubah menjadi campuran antara model 3D, gambar 2D, stiker serta berbagai alat pembuat konten 3D dari komunitas.

Lebih detilnya, simak dalam video di bawah ini.

Sebelumnya, sudah ada cukup banyak bocoran yang menyebutkan bahwa Microsoft memang sedang membuat Paint edisi Windows 10. Bocoran tersebut berupa screenshot yang tersebar di dunia maya.

Keberadaan video yang menunjukkan fitur baru Paint, bisa jadi indikator bahwa aplikasi tersebut sudah siap dan akan meluncur dalam waktu dekat. Kemungkinan, peluncurannya akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman perangkat Surface terbaru.

Microsoft akan menggelar sebuah acara di New York pada 26 Oktober 2016 mendatang. Acara ini bisa jadi merupakan wadah untuk mengumumkan Surface terbaru dan Paint untuk Windows 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com