Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar PC Menurun Kembali

Kompas.com - 13/10/2016, 09:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pasaran PC dunia kembali mengalami penurunan di kuartal ketiga 2016, menurut data dari dua firma riset pasar terkemuka, IDC dan Gartner.

IDC mencatat angka pengapalan PC mencapai 68 juta unit atau lebih rendah 3,9 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Senada dengan IDC, Gartner memperkirakan angka pengiriman PC turun 5,7 persen secara year over year.

Perbedaan presentase penurunan pasar PC antara IDC dan Gartner mungkin disebabkan karena IDC ikut menghitung seri laptop Chromebook, sementara Gartner tidak.

Gartner menyebutkan para vendor PC masih menemui berbagai rintangan dalam usaha mendongkrak penjualan, seperti angka permintaan yang terus menurun, terutama di pasar negara berkembang.

"PC bukan perangkat prioritas untuk kebanyakan konsumen, jadi mereka merasa tidak perlu melakukan upgrade PC sesering dulu," ujar analis utama di Gartner, Mikako Kitagawa, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Kamis (13/10/2016).

Menurut IDC, dari semua pabrikan PC, Apple mencatat penurunan angka shipment terbesar, yakni 13 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, dari 5,76 juta unit menjadi 5 juta unit.

Urutan teratas pabrikan PC terbesar dunia tetap dikuasai Lenovo dengan market share 21,2 persen, diikuti HP dengan 19,7 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com