Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 7 Punya Fitur Rahasia Pengganti Tombol Rusak

Kompas.com - 18/10/2016, 06:50 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Pengguna iPhone 7 dan 7 Plus tak perlu khawatir jika tombol home di ponsel mereka rusak. Pasalnya, Apple mendesain sebuah tombol pengganti yang otomatis muncul saat tombol fisiktersebut tidak bisa digunakan.

Apple ternyata membekali iPhone 7 dan 7 Plus dengan alat diagnosa yang bisa mendeteksi kerusakan pada ponsel. Salah satu fungsinya adalah mendeteksi kelancaran kinerja tombol home.

Jika software menemukan bahwa tombol tersebut bermasalah, maka sistem akan secara otomatis akan memberi peringatan dan menampilkan tombol home alternatif berupa tombol virtual di layar iPhone 7.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mac Rumors, Selasa (18/10/2016), tombol alternatif yang muncul memiliki fungsi sama dengan tombol home yang menggunakan taptic engine di duo iPhone tersebut.

Fitur ini pertama kali dijumpai oleh salah satu anggota forum Mac Rumor yang menggunakan iPhone 7. Ia memposting foto layar iPhone 7 yang menampilkan peringatan bahwa tombol Home fisiknya rusak, dan sistem akan menampilkan tombol home onscreen.

Mac Rumor Layar iPhone 7 yang menampilkan peringatan tombol Home rusak dan diganti fungsinya oleh tombol virtual di layar.
Keberadaan tombol onscreen ini justru menggembirakan. Pasalnya, pengguna bisa tetap menggunakan ponselnya meski tombol fisik home sewaktu-waktu rusak.
 
Tapi tentu saja hal ini tidak berarti pengguna bisa mendiamkan kerusakan yang terjadi. Tombol otomatis itu hanya muncul sebagai pengganti sementara hingga pengguna melaporkan dan memperbaiki tombol home fisik.

Seperti diketahui, Tombol home pada duo Apple 7 sengaja dirancang berbeda. Apple sama sekali tidak menggunakan tombol mekanik, tapi sebuah taptic engine yang dilapisi permukaan sensitif sentuhan.

Saat tombol home disentuh, pengguna akan merasakan getaran yang berasal dari taptic engine itu. Tujuannya sebagai pengganti kesan fisik saat menekan tombol home.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com