Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo R9s dan R9s Plus Resmi Dirilis, Harganya?

Kompas.com - 20/10/2016, 08:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan duet Android R9s dan R9s Plus di Beijing, China. Keduanya merupakan suksesor dari seri R9 dan R9 Plus keluaran Maret 2016 lalu.

Sesuai bocoran yang beredar sebelumnya, baik R9s dan R9s Plus masing-masing dibekali kamera dengan sensor resolusi 16 megapiksel untuk kamera utama (belakang) dan kamera depan (selfie). Bukaan lensanya pun cukup lebar, yakni f/1.7 (belakang) dan F/2.0 (depan).

Teknologi-teknologi lain disematkan untuk menambah kualitas kamera R9s dan R9s Plus, seperti optical image stabilization (OIS), perekaman video 4K, dan flash LED.

Fokus kamera dikatakan lebih mumpuni berkat teknologi dual-focus. Penangkapan fokusnya diklaim 40 persen lebih cepat ketimbang jika memakai phase detection autofocus, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Kamis (20/10/2016).

Lantas apa yang membedakan R9s dan R9s Plus?

Pertama, yang paling tampak bisa dilihat dari ukuran ponsel. R9s dirasa cukup dengan layar 5,5 inci, sedangkan varian Plus dirancang dengan layar lebih besar, yakni 6 inci. Masing-masing layar beresolusi 1080p.

Dari segi jeroan, R9s masih menggunakan chipset Snapdragon 625 seperti pendahulunya. Sementara itu, varian Plus sudah diotaki chipset Snapdragon 653 yang baru meluncur beberapa hari lalu.

Baca: Snapdragon 653 dan 626 Dirilis, Diklaim 10 Persen Lebih Kencang

Kapasitas RAM dan baterai juga berbeda. R9s dibekali RAM 4 GB dan baterai 3.010 mAh. Varian Plus lebih perkasa dengan RAM 6 GB dan baterai 4.000 mAh. Memori internal keduanya berkapasitas sama, yakni 64 GB.

Keduanya berjalan pada sistem operasi Android 6.0.1 dengan antarmuka ColorOS 3.0 buatan Oppo sendiri.

Dengan spesifikasi demikian, R9s dibanderol 2.899 Yuan atau Rp 5,3 jutaan. Masyarakat China sudah bisa membeli ponsel itu pada 28 Oktober mendatang.

Sementara itu, harga R9s Plus lebih murah yakni 3.499 Yuan atau senilai Rp 6,7 jutaan. Untuk varian ini, masyarakat China harus menunggu lebih lama hingga Desember 2016 mendatang.

Belum jelas kapan duet tersebut hadir di Indonesia. Sebelumnya, R9 dinamai F1 Plus ketika masuk Tanah Air. Entah nama apa yang akan dipakai untuk duet R9s di Indonesia nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com