Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Switch, Konsol Game "Bongkar Pasang" Dirilis Tahun Depan

Kompas.com - 21/10/2016, 08:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Lebih dari setahun lalu, Nintendo sempat menyebut soal "Project NX", yakni platform game yang digadang-gadang bakal berkonsep baru. Kala itu Nintendo belum mau mengumbar informasi detail soal proyek misterius itu.

Baru sekarang pabrikan Jepang itu mau buka-bukaan. Melalui sebuah video berdurasi sekitar 3 menit, Nintendo memamerkan platform teranyarnya bertajuk "Nintendo Switch".

Konsol tersebut dijadwalkan meluncur pada Maret 2017 mendatang, sebagaimana dilaporkan ArsTechnica dan dihimpun KompasTekno, Jumat (21/10/2016).

Sesuai rumor yang beredar, konsep baru yang dimaksud Nintendo adalah konsol bersistem hibrida. Bersifat portable, konsol bisa sekaligus didudukkan pada sebuah konektor untuk menghubungkannya ke layar televisi yang lebih besar.

Controller bongkar pasang

Ada dua controller bernama "Joy-Con" yang berperan penting untuk memenuhi beragam opsi gameplay pengguna. Joy-Con bisa dilepaskan dari sisi kanan dan kiri konsol sesuai kebutuhan.

Pengguna bisa merasakan pengalaman bermain di depan televisi, bermain secara portable, serta bermain dengan teman baik di depan televisi maupun secara mobile.

Selain Joy-Con, ada juga Switch Pro Controller yang bentuknya lebih tradisional dan familiar. Controller analog tersebut bisa menjadi opsi ketika pengguna ingin menjajal game di rumah.

"Sistem Nintendo Switch memungkinkan pengguna bermain dengan judul yang sama kapan pun, di mana pun, dan dengan siapa pun yang mereka pilih," begitu kata perwakilan Nintendo.

Belum diketahui spesifikasi detil dari konsol game "bongkar-pasang" tersebut. Yang jelas, Nvidia menjamin Tegra terpilih sebagai prosesor Nintendo Switch.

Pada video, ada sebuah scene yang memperlihatkan pengguna memasukkan kartu memori pada sisi atas konsol. Hal ini seakan mengonfirmasi rumor bahwa konsol tersebbut tak lagi mendistribusikan game fisik pada disc.

Beberapa game yang muncul pada video adalah The Legend of Zelda, Mario Kart, Super Mario, dan Splatoon. Ada juga game pihak ketiga seperti Skyrim dan NBA 2K. Selengkapnya, berikut video soal Nintendo Switch. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com