Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Android LeEco Masuk Indonesia?

Kompas.com - 21/10/2016, 19:05 WIB
Deliusno

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Setelah beberapa negara di Asia, LeEco akhirnya mulai berani mengembangkan bisnisnya ke dunia barat. Melalui sebuah acara peluncuran besar-besaran pada Rabu (19/10/2016) lalu, perusahaan asal China itu resmi memulai debutnya di Amerika Serikat (AS).

Pertanyaan besarnya, kapan tepatnya LeEco akan secara resmi hadir di Indonesia? Mengingat LeEco seringkali merilis produk smartphone dengan spesifikasi tinggi berbanderol murah, pastinya kehadirannya ditunggu di Tanah Air.

Sayangnya, dalam acara peluncuran bertajuk Bigbang Conference di Palace of Fine Arts, San Francisco, AS, para eksekutif LeEco seakan tidak mau mengumbar janji mengenai tanggal pasti peluncuran produknya di Indonesia.

"Kami akan terus memantau pasar AS. Apabila sukses, tentu kami akan langsung melepas produk ke negara-negara lain," tutur para eksekutif LeEco di atas panggung.

Akan tetapi, lewat sebuah wawancara singkat wartawan Kompas.com, Deliusno dengan salah satu petinggi LeEco, berhasil didapatkan sedikit gambaran kapan smartphone LeEco akan dilepas ke pasaran.

Wawancara dilakukan bersama dengan pemimpin divisi LeMall.com Brian Hui. LeMall.com sendiri merupakan jalur penjualan online atau e-commerce seluruh produk buatan LeEco.

Dalam wawancara tersebut, Hui membeberkan LeMall sudah akan beroperasi pada 2017 mendatang.

"Kami setidaknya sudah akan hadir pada paruh pertama tahun 2017 mendatang di Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Thailand," tutur Hui.

Meski tidak menyebutkan tanggal pastinya, pernyataan Hui seperti ingin mengindikasikan bahwa LeEco seharusnya sudah mulai berjualan pada awal hingga pertengahan 2017 mendatang.

Lantas, produk apa saja yang akan dijual LeEco? Menurut Hui, semua produk pintar milik LeEco seharusnya sudah dipasarkan pada saat kehadiran LeMall di Indonesia. Itu artinya, perangkat seperti smartphone dan TV pintar sudah bisa dijual langsung.

"Kami akan langsung agresif," kata Hui.

Dari pernyataan Hui sendiri dapat diartikan, LeEco saat ini sudah mulai mengurusi berbagai regulasi terkait pemasaran perangkat, termasuk Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk smartphone 4G.

Setiap smartphone 4G yang dijual di Indonesia memang diharuskan mengikuti regulasi tersebut. Jika tidak diurus saat ini, kemungkinan besar LeEco tidak bisa mengejar target kehadiran LeMall tersebut.

Sayangnya, pihak LeEco lainnya masih menolak untuk berkomentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com