Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Pernah Menawar Murah Facebook Rp 313 Triliun

Kompas.com - 24/10/2016, 06:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Microsoft telah menyadari pontensi Facebook jauh sebelum media sosial tersebut meraksasa seperti sekarang.

Sang pemilik sistem operasi Windows itu pun pernah coba membeli Facebook dengan nilai tawaran yang menggiurkan, mencapai 24 miliar dollar AS atau hampir Rp 313 triliun.

Hal itu diungkapkan oleh mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer dalam sebuah wawancara dengan CNBC, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Senin (24/10/2016).

“Tawarannya diajukan ketika Facebook masih ‘kecil mungil’,” kata Ballmer. Pria berkepala plontos ini menjabat sebagai nakhoda Microsoft dari 2000 hingga 2014. Microsoft sendiri memberi tawaran kepada Facebook pada 2010.

Namun, lanjut Ballmer, pinangan itu kemudian ditolak oleh sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. “Saya menghargai keputusan dia (Zuckerberg),” lanjut Ballmer.

Butuh 5 hingga 7 tahun

Ketertarikan Microsoft terhadap Facebook sebenarnya sudah lama diketahui.

Dalam bukunya, The Facebook Effect yang diterbitkan pada 2010, penulis dan jurnalis teknologi David Kirkpatrick pernah menguraikan proses yang bakal ditempuh Microsoft kalau jadi membeli Facebook.

“Microsoft akan mendapat sebagian kecil saham di Facebook senilai 15 miliar dollar AS,” tulis Kirkpatrick. “Lalu, Microsoft akan membeli 5 persen saham Facebook setiap 6 bulan berikutnya. Akuisisi total akan memakan waktu 5 hingga 7 tahun.”

Sebelum itu, pada 2006, Facebook pernah pula ditawar oleh Yahoo dengan nilai 1 miliar dollar AS.

Baca: Jumlah Pengguna Facebook di Indonesia Terus Bertambah

Keputusan Zuckerberg menolak Yahoo dan Microsoft terbukti jitu. Jejaring sosial besutannya kini memiliki valuasi sekitar 374 miliar dollar AS, sementara Zuckerberg menjadi orang terkaya keempat di dunia dengan total nilai kekayaan 56 miliar dollar AS.

Adapun Ballmer sekarang merupakan pemilik tim basket Los Angeles Clippers, melanjutkan hobinya terhadap olahraga itu sejak dulu. Dia tercatat di urutan ke-15 daftar orang terkaya dunia dengan harta 28 miliar dollar AS.

Baca: Terkaya Ke-6, Harta Pendiri Facebook Tembus Rp 655 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com