Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Mirrorless "Full Frame" Canon Dikenalkan?

Kompas.com - 25/10/2016, 17:24 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Desas-desus mengenai kamera mirrorless full frame Canon semakin santer. Kabar terbaru mengungkap bahwa saat ini kamera tersebut memang benar sedang dikerjakan.

Ada satu tantangan besar dalam proses pembuatan kamera ini. Tim desain Canon dituntut untuk bisa tetap memakai mounting EF yang sudah ada sekarang, sehingga tidak muncul mounting baru.

Mounting merupakan ulir khusus yang bertujuan mengunci lensa pada bodi kamera. Saat ini Canon memiliki tiga jenis mounting, yaitu EF, EF-S dan EF-M. Masing-masing hanya bisa dipakai di jenis kamera tertentu dan tidak dapat ditukar dengan jenis yang berbeda.

Kabar yang dilansir KompasTekno dari Canon Rumors, Selasa (25/10/2016), menyebutkan kemungkinan ada dua jenis mirrorless full frame yang akan sedang disiapkan Canon.

Pertama adalah mirorrless full frame dengan lensa fixed, untuk diluncurkan terlebih dulu. Kedua berupa mirrorless full frame interchangable lenses atau lensa yang bisa diganti.

Canon sendiri belum menetapkan roadmap produk kategori barunya. Sumber internal yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, kemungkinan baru pada akhir 2017 nanti Canon akan mengumumkan kedua mirrorless full frame itu.

Sekadar diketahui, istilah mirrorless merujuk pada kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR) yang komponen pemantul cahayanya (mirror box) dihilangkan, sehingga ukurannya lebih ringkas.

Sedangkan full frame mengacu pada sensor berukuran 35 mm yang dipakai pada kamera tersebut.

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com