Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Surface Dial, Pengganti Mouse dengan Bentuk Unik

Kompas.com - 27/10/2016, 11:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Microsoft resmi memperkenalkan aksesori Surface Dial dalam sebuah acara peluncuran di New York, AS, Rabu (26/10/2016) waktu setempat. Produk ini dirilis sebagai pendamping komputer Surface Studio yang juga dirilis pada acara yang sama.

Surface Dial merupakan alat input berbentuk unik. Ia mirip dengan kepingan yang dipakai dalam permainan hoki. Produk ini juga memiliki bentuk mirip speaker mini.

Microsoft membuat Surface Dial sebagai sebuah pengganti mouse yang bisa dipakai untuk memilih berbagai menu, mulai dari tingkat kecerahan layar hingga memilih warna pena di aplikasi desain.

Baca: Microsoft Surface Studio, Pesaing iMac Dijual Mulai Rp 39 Juta

Tak ada tombol layaknya sebuah mouse. Untuk mengendalikannya, pengguna cukup menyentuh permukaan Surface Dial atau memutarnya (bisa ke kanan atau kiri).

Surface Dial sendiri bisa dihubungkan ke perangkat lain menggunakan koneksi Bluetooth. Saat perangkat ini disentuhkan ke layar Surface Studio, akan muncul menu dalam bentuk cakram virtual. Putar alat itu, pengguna bisa mengakses berbagai perintah yang ada dalam cakram tersebut.

Microsoft sendiri sebenarnya merilisnya sebagai pelengkap Surface Studio. Namun, pengguna juga bisa memakainya dengan Surface Pro 3, Surface Pro 4, dan Surface Book. Meski begitu, Surface Dial hanya bisa berfungsi secara penuh di Surface Studio saja.

Baca: Laptop Microsoft Surface Book Diperbarui, Core i7 dan Baterai 16 Jam

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PC World, Kamis (27/10/2016), Microsoft kini sudah membuka pemesanan Surface Dial, dengan banderol harga 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 juta.

Sekadar diketahui, Surface Dial ini sejatinya bisa dipakai oleh siapa pun. Namun, pengguna yang paling diuntungkan dan memerlukannya adalah seniman digital dan pekerja grafis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com