Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Google Pixel Dikeluhkan Rekam "Flare" Siluman

Kompas.com - 31/10/2016, 13:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Droid Life

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna ponsel Google Pixel dan Pixel XL mengeluh masalah flare "siluman" atau berkas cahaya yang sebenarnya tidak ada tetapi muncul di foto. Akibatnya  hasil jepretan cenderung rusak kontrasnya.

Keluhan tersebut menyebar dengan cepat di berbagai forum diskusi internet, salah satunya Reddit. Para pengguna khawatir masalah flare ini merupakan suatu cacat hardware yang tidak bisa diperbaiki.

Untuk diketahui, flare biasanya muncul saat pengguna memotret dengan menghadap sumber cahaya yang sangat terang. Namun pada kasus Google Pixel dan Pixel XL ini, flare terjadi tanpa adanya sumber cahaya yang memancar terang.

Droid Life contoh hasil jepretan Google Pixel yang mengandung flare
Namun Google langsung tanggap. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Droid Life, Senin (31/10/2016), raksasa internet itu mengatakan tengah menyiapkan perbaikan dari sisi software, untuk mengatasi masalah flare.

Perbaikan tersebut rencananya akan dirilis dalam beberapa pekan mendatang, tanpa menjelaskan tanggal persisnya.

“Kami sedang mengerjakan sejumlah algoritma yang dapat mengenali masalah halo atau flare, memperhitungkan karakternya dan menghapusnya dari dalam foto. Anda perlu menggunakan mode HDR+ untuk bisa menikmati kelebihan software ini,” tulis Lead Camera Google, Isaac Reynolds dalam sebuah thread di forum Pixel User Community.

Isaac juga menyebutkan bahwa flare merupakan hal yang wajar terjadi di berbagai lensa kamera, dengan berbagai ukuran dan bentuk berbeda. Tak semuanya negatif, karena toh ada saja yang memanfaatkan flare sebagai efek kreatif dalam gambar.

Bos proyek camera Google itu juga menyebutkan bahwa struktur lensa pada semua Google Pixel diatur dengan ketat. Efeknya, kamera ponsel itu bisa menghasilkan foto yang bagus, namun di sisi lain, ketika semuanya juga berbagi karakteristik masalah yang sama. Artinya, flare juga bisa terjadi di duo Pixel mana pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Droid Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com