Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Perangi Rating Palsu di Play Store dengan Cara Ini

Kompas.com - 02/11/2016, 06:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google menambahkan kemampuan baru dalam sistem penyaringan di toko aplikasinya, Play Store untuk memerangi rating palsu. Mereka kini bisa mendeteksi tool pembuat statistik palsu yang ditanam di berbagai aplikasi atau game.

Statistik palsu ini biasanya berupa jumlah download, rating, hingga review yang disematkan pada tiap aplikasi. Statistik palsu tersebut disematkan oleh pengembang aplikasi menggunakan alat tertentu, dengan tujuan memikat pengguna untuk memasangnya.

Kendati terkesan sepele, sebenarnya ini merupakan hal berbahaya. Sebab bisa saja pengembang aplikasi nakal memasukkan game atau aplikasi lain yang sudah disusupi malware, lalu memanipulasinya agar mendapat rating positif.

Pengguna Play Store yang melihat review positif atau jumlah unduhan yang banyak dengan rating tinggi, bisa saja tertipu dan memasang aplikasi tersebut, sehingga menjadi korban serangan malware.

Melihat adanya masalah seperti ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Police, Rabu (2/11/2016), Google langsung memasang sistem yang bisa mengenali statistik palsu tersebut.

Cara kerjanya, bila menemukan game atau aplikasi yang menggunakan alat bantu untuk membuat statistik palsu, maka Google Play Store akan langsung menandainya.

Namun akun pengembang dan aplikasinya tidak langsung diblokir. Penanda itu hanya mencegah alat pemalsu statistik bekerja, sehingga aplikasi atau game yang dipasangi tidak mendapat manfaat apa pun.

Jika pengembang aplikasi tersebut nekat untuk terus menjajal alat pemalsu statistik itu, maka Google akan menghapus aplikasi yang dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com