Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera "Selfie" LG G6 Punya Fungsi Pemindai Iris?

Kompas.com - 02/11/2016, 14:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa bocoran fitur LG G6 sudah beredar di internet. Flagship itu dikatakan bakal memangkas desain modular secara permanen, mengusung layar melengkung dengan teknologi OLED, serta dilengkapi platform pembayaran yang mirip dengan Android Pay atau Samsung Pay.

Isu terbaru, LG G6 disebut-sebut akan memiliki fitur pemindai iris mata yang disatukan dengan kamera selfie. Teknologi tersebut dimungkinkan mekanisme perubahan filter alias filter-changing, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (2/11/2016).

Diketahui, pemindai iris mata bekerja menggunakan cahaya inframerah. Mata pengguna akan diiluminasi sehingga detil iris menampakkan diri. Karena mekanismenya ruwet, maka kamera untuk memindai iris mata semestinya dipisahkan dengan kamera selfie reguler.

Misalnya saja pada Galaxy Note 7 buatan Samsung. Ponsel itu menggunakan kamera depan kedua yang khusus dimanfaatkan untuk memindai iris mata.

Nah, dengan mekanisme filter-changing, menurut LG, kamera selfie bisa mengganti filter menjadi inframerah saat dibutuhkan untuk memindai iris. Jika tidak, kamera selfie akan tetap melakukan fungsi utamanya, yakni membidik foto mandiri.

Dalam sebuah acara pameran di Korea Selatan, LG menjelaskan bahwa modul kamera all-in-one itu akan mengefisiensi ruang dalam menyusun elemen perangkat. Selain itu, pemanfaatannya juga praktis.

Penggabungan kamera selfie dan iris mata dalam satu modul ini bisa dibilang inovasi baru yang diperkenalkan LG. Belum jelas apakah konsep desain demikian bisa bekerja maksimal atau tidak.

LG sejatinya juga belum membenarkan bahwa desain kamera all-in-one itu akan diberlakukan pada G6 atau baru sekadar diperkenalkan saja. Benar atau tidaknya bisa diketahui pada acara peluncuran G6 yang disebut-sebut sekitar April 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com