Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wajah" Galaxy S8 Tiru Xiaomi Mi Mix?

Kompas.com - 02/11/2016, 15:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S8 dikabarkan akan mengusung layar OLED dengan bezel (bingkai) hampir tak tampak, alias bezel-less. Perbandingan luas layar dengan penampang "wajah"(screen-to-body ratio) ponsel disebut-sebut lebih dari 90 persen.

Desain "wajah" semacam itu serta-merta sama dengan yang diusung Xiaomi pada Mi Mix keluaran Oktober 2016 lalu. Lantas apakah ini berarti Galaxy S8 bakal menjiplak desain Mi Mix?

Hal ini belum bisa dipastikan. Seorang engineer Samsung memang menyebut rencana untuk memboyong ponsel bezel-less dalam sebuah acara di Seoul, Korea Selatan, pekan lalu, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Rabu (2/11/2016).

Namun, pria bernama Park Won-sang itu tak menyebut secara spesifik apakah ponsel bezel-less yang dimaksud merujuk pada Galaxy S8. Sementara itu, ada beberapa asumsi yang membuat para pengamat teknologi meyakini ponsel tersebut tak lain adalah Galaxy S8.

Antara lain, Galaxy S8 dijadwalkan meluncur dalam waktu paling dekat, yakni Februari 2017 mendatang. Selain itu, desain bezel-less seharusnya diimplementasikan pada ponsel premium yang tak lain adalah seri Galaxy S. 

Tren bezel-less

Sebelumnya, pada peluncuran Mi Mix di Beijing beberapa saat lalu, Vice President Xiaomi, Hugo Barra meramalkan bahwa desain bezel-less akan menjadi tren smartphone masa depan. Mantan pegawai Google itu dengan percaya diri menyebut Xiaomi sebagai pengemuka tren tersebut.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Daya tarik utama dari Mi Mix adalah pinggiran layarnya yang seolah tak berbingkai dan memenuhi hampir seluruh bagian depan.

Baca: Lewat Mi Mix, Xiaomi Berhasil Salip iPhone 8?

Selain Mi Mix, Xiaomi juga merilis Mi Note 2 pada acara yang sama. Desain ponsel itu mirip dengan seri Galaxy Edge, yakni memakai layar melengkung di dua sisi.

Barra membantah menjiplak desain Samsung dengan mengatakan Xiaomi lebih dulu mengusung desain melengkung di punggung ponsel pada Mi Note generasi pertama.

Baca: Video: Menjajal Xiaomi Mi Mix di Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com