Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Berikutnya Bakal Mirip Galaxy S7?

Kompas.com - 08/11/2016, 06:13 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - iPhone generasi berikutnya bakal tampil beda, terutama dari segi layar. Perangkat tersebut, sebut saja iPhone 8, dikatakan akan menggunakan jenis layar yang berbeda dari yang digunakan saat ini.

iPhone 8 disinyalir akan meninggalkan layar berjenis low temperature poly-silicon (LTPS). Apple kemudian akan menggantinya dengan layar berjenis OLED.

Dengan menggunakan panel jenis ini, iPhone baru itu kemungkinan hadir dengan desain sedikit melengkung di kedua sisinya, mirip Galaxy S7 bikinan Samsung.

Adalah Tai Jeng-wu, seorang petinggi dari Sharp yang membocorkan hal tersebut. Jeng-wu juga merupakan petinggi dari Hon Hai Precision Industry (lebih dikenal dengan nama Foxconn), perakit iPhone, sehingga ia seharusnya tahu rencana-rencana Apple.

"iPhone telah berkembang dan saat ini menggantinya dari LTPS ke panel OLED," kata Jeng-wu di hadapan mahasiswa Tatung University, saat berkunjung ke kampus tersebut.

"Kami tidak tahu apakah iPhone dengan OLED akan menjadi sukses, tetapi jika Apple tidak mengambil jalur ini dan mengubah diri, tidak akan ada inovasi," imbuh Jeng-wu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmodo, Selasa (8/11/2016).

Bagi Apple, rumor penggunaan panel OLED sebenarnya sudah beredar lama. Meski begitu, hingga peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, kabar tersebut tidak pernah terwujud. Apple sendiri menolak berkomentar terhadap rumor yang berkembang.

Bukan kejutan

Rumor penggunaan OLED sendiri sebenarnya sudah bukan sebuah kejutan besar lagi. Pesaing terbesar Apple, Samsung, sudah menggunakan layar OLED di duo Galaxy S7.

Layar berjenis ini lebih dipilih ketimbang LCD karena mampu menawarkan warna yang lebih tajam dan cerah. Apple sendiri masih menggunakan LCD untuk produk iPhone.

Selain itu, OLED lebih fleksibel ketimbang LCD. Kemampuan ini mengizinkan vendor untuk sedikit melengkungkan layar di kedua sisinya. Hal tersebutlah yang memunculkan dugaan bahwa iPhone generasi baru bakal memiliki desain layar lengkung.

iPhone 8 sendiri digosipkan bakal memiliki tiga varian. Versi teratas bakal memiliki layar OLED berbentang 5,5 inci dengan sedikit melengkung di kedua sisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com