Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sega Genesis Bakal Lahir Kembali

Kompas.com - 09/11/2016, 08:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Sega Genesis? Konsol game 16-bit ini populer di akhir dekade 80-an dan awal 90-an, ketka Sega bersaing sengit dengan Nintendo memperebutkan pasar video game di seluruh dunia.

Perangkat lawas yang mengorbitkan tokoh Sonic the Hedgehog itu bakal hadir kembali di Brasil. Pembuatnya bukan Sega, karena perusahaan tersebut sudah undur diri dari kancah hardware konsol bertahun-tahun lalu.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (9/11/2016), Genesis di Brasil diproduksi oleh TecToy, pabrikan rekanan Sega yang juga telah memperoleh lisensi untuk memproduksi konsol yang bersangkutan.

Dengan kata lain, Genesis benar-benar hadir kembali secara resmi di Brazil. Bentuk konsol ini persis sama dengan konsol original Genesis dulu, lengkap dengan gamepad tiga tombol.

Sambungan ke TV pun tidak bisa melalui kabel HDMI modern, tapi harus dengan tiga kabel komposit berwarna kuning, merah, dan putih, ala konsol jadul.

Baca: Nintendo Switch, Konsol Game Bongkar Pasang Dirilis Tahun Depan

Sega Genesis yang lahir kembali itu dibekali dengan 22 game terintegrasi, termasuk judul populer seperti Golden Axe, Shinobi 3, Shadow Dancer, dan Sonic 3.

Terdapat juga SD card reader yang tampaknya bisa dipakai untuk memainkan game lain, meski di konsol juga terdapat slot untuk menancapkan kartrit game.

TecToy kini telah mulai membuka sesi pemesanan Genesis dengan banderol 138 dollar AS (Rp 1,8 juta), lumayan mahal untuk ukuran konsol 16-bit lawas. Pengiriman pesanan bakal dimulai pada Juni 2017. Konsol ini hanya bisa dibeli di Brasil saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com