Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Mirrorless” Canon EOS M5 Masuk Indonesia Desember, Harganya?

Kompas.com - 13/11/2016, 09:27 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan beberapa hari sebelum ajang fotografi akbar Photokina 2016 di Jerman, September lalu, kamera mirrorless terbaru Canon, EOS M5 bakal segera memasuki pasaran Indonesia.

Merry Harun, Direktur Divisi Canon PT Datascrip selaku distributor tunggal produk-produk kamera Canon di Indonesia memastikan bahwa EOS M5 akan dirilis di Tanah Air bulan Desember tahun ini.

“Kami akan rilis menjelang Natal nanti,” ungkapnya ketika ditemui KompasTekno di sela gelaran acara lomba foto Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 di Jakarta, Sabtu (12/11/2016).

Baca: EOS M5, "Mirrorless" Rasa DSLR Dikenalkan Canon

Marketing Manager Divisi Canon PT Datascrip, Yase Defirsa Cory, menambahkan bahwa EOS M5 nantinya akan dijual dalam tiga varian bundle, yakni body-only serta versi kit dengan lensa EF-M 15-45mm F3.5-6.3 STM IS dan versi kit dengan lensa EF-M 18-150 F3.5-6.3 IS STM.

Soal harga, Yase mengaku belum bisa memberikan informasi pasti soal banderol EOS M5 kelak, tapi dia memberikan sedikit ancar-ancar.

“Kalau mengikuti harga internasional di kisaran 900 dollar AS, mungkin nanti harga body-only EOS M5 sekitar Rp 12 jutaan,” katanya, sambil menambahkan bahwa harga final nanti tergantung pada nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

EOS M5 sendiri merupakan mirrorless terbaru Canon yang dilengkapi sejumlah fitur andalan, seperti sensor 24 megapiksel yang sama dengan milik DSLR EOS 80D, sistem autofokus Dual Pixel AF dengan 49 titik cross-type, serta layar sentuh yang bisa dilipat hingga 180 derajat menghadap ke depan.

Berbeda dari dua pendahulunya, EOS M3 dan EOS M3, EOS M5 yang ditujukan untuk pasaran enthusiast ini dibekali dengan jendela bidik elektronik (EVF) yang ditempatkan dalam “punuk” di tengah kamera.

Di pasaran internasional, banderol EOS M5 mencapai kisaran 1.099 dollar AS (Rp 14,6 juta) untuk kit dengan lensa EF-M 15-45mm F3.5-6.3 STM IS dan 1.479 dollar AS (Rp 19,7 juta) untuk kit dengan lensa EF-M 18-150 F3.5-6.3 IS STM.

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com