Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Sebut Mark Zuckerberg Sudah Meninggal

Kompas.com - 13/11/2016, 19:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Laman Facebook Mark Zuckerberg tampil mengejutkan pada Jumat kemarin. Sang pendiri jejaring sosial itu terkesan sudah meninggal dengan munculnya sebuah banner “Memorial” berjudul “Mengingat Mark Zuckerberg”.

“Kami harap mereka yang mencintai Mark akan merasa lebih nyaman dengan hal-hal yang dibagikan orang untuk mengingat dan merayakan hidupnya,” tuilis pesan dalam banner tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Minggu (13/11/2016).

Ternyata bukan hanya Zuckerberg saja yang dikabarkan sudah meninggal. Sebagian pengguna Facebook turut terkaget-kaget mendapati banner Memorial serupa menggantung di laman masing-masing. Padahal mereka masih hidup.

“Sepertinya Facebook berpikir bahwa saya sudah meninggal,” keluh seorang pengguna Facebook melalui Twitter.

Belakangan, pihak jejaring sosial terbesar di dunia itu mengakui bahwa telah terjadi kesalahan sistem yang menyebabkan Facebook salah mengira sebagian pengguna sudah meninggal, lalu memasang banner Memorial di laman para pengguna tersebut.

Tidak disebutkan apa persisnya yang menyebabkan bug tersebut, ataupun berapa banyak pengguna yang terdampak.

“Ini adalah kesalahan besar yang kini sudah diperbaiki. Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya dan bekerja secepat mungkin untuk memperbaiki masalah,” sebut Facebook dalam sebuah pernyataan.

Baca: Algoritma Facebook Bikin Donald Trump Menangi Pemilu AS?

Bagaimana dengan Zuckerberg? Dia diketahui masih segar bugar. Sehari sebelumnya, Zuckerberg sempat menyuarakan bantahan terhadap tudingan bahwa berita palsu di Facebook telah membantu memenangkan Presiden AS terpilih, Donald Trump.

Siapa sangka dia sendiri bakal menjadi korban informasi ngawur di jejaring sosialnya itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com