Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 Juta Akun Situs Kencan Dewasa Diretas, Terbesar pada 2016

Kompas.com - 14/11/2016, 12:18 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com — Sebanyak 412 juta akun di sejumlah situs kencan dewasa telah diretas. Kasus ini oleh LeakedSource disebut sebagai yang terbesar dari segi jumlah akun yang dibobol, setelah kasus peretasan MySpace yang melibatkan 360 juta akun pada Juli lalu.

Beberapa situs kencan dewasa yang teridentifikasi telah dibobol adalah AdultFriendFinder, Cams.com, Penthouse, Stripshow, dan iCams.com. Semua situs berbau seks itu bernaung di satu perusahaan induk, yakni FriendFinder Networks.

Informasi soal peretasan pertama kali diumbar situs Leaked Sources, sebagaimana dilaporkan TechCrunch dan dihimpun KompasTekno, Senin (14/11/2016). Situs tersebut selama ini kerap menganalisis kasus-kasus peretasan di internet.

Vice President FriendFinder Networks Diana Ballou mengatakan, pihaknya telah menerima laporan soal kerentanan layanannya sejak beberapa minggu lalu. Pengguna layanan di bawah FriendFinder Networks diminta untuk mengganti password dan username.

"Kami akan mengkaji laporan-laporan yang masuk selama beberapa minggu terakhir. Kami telah bekerja sama dengan mitra eksternal untuk membantu investigasi lebih lanjut," kata dia.

Bagaimana cara peretas membobol?

Peretas mengeksploitasi file lokal pada FriendFinder Networks melalui metode inklusi. Metode penyisipan file kontrol tersebut memungkinkan peretas mengambil alih akses administrator pada semua layanan di bawah FriendFinder Networks.

Alhasil, semua akun yang terdaftar beserta informasi di dalamnya bisa diintip dan disalahgunakan. Hingga saat ini, kata Leaked Sources, peretas masih dalam tahap menyimpan informasi akun tanpa menyebarnya ke publik.

Akun pada AdultFriendFinder disebut paling banyak diretas, yakni mencapai 300 juta akun, yang disimpan selama 20 tahun. Selanjutnya, Cams.com harus rela 62 juta akunnya dieksploitasi. Begitu juga dengan 7 juta akun pada Penthouse, 1,4 juta akun pada Stripshow.com, serta 1,1 juta akun pada iCams.

Belum diblokir di Indonesia

Di Indonesia, pantauan KompasTekno, beberapa situs ada yang bisa diakses, ada pula yang tidak. Masing-masing penyedia layanan internet memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

"Ini adalah laman situs default untuk server ini. Software server situs ini bekerja, tetapi belum ada konten yang ditambah," begitu pemberitahuan yang tertera saat KompasTekno membuka AdultFriendFinder, Penthouse, Cams, dan Stripshow.

Ketika dicek di situs Internet Sehat Kementerian Komunikasi dan Informatika, situs-situs tersebut sudah terindentifikasi sebagai situs porno. Namun, belum jelas apakah statusnya telah diblokir atau belum.

Biasanya, jika sudah diblokir, pemberitahuan yang muncul ketika membuka situs akan mengindikasikan bahwa akses sama sekali tak diizinkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com