Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google PhotoScan Digitalkan Cetakan Foto "Jadul"

Kompas.com - 17/11/2016, 09:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google baru saja meluncurkan layanan bertajuk PhotoScan. Sesuai namanya, layanan tersebut tak ubahnya mesin pemindai alias scanner yang bisa dipakai secara mobile di mana pun dan kapan pun.

Menurut tim PhotoScan, aplikasi itu bertujuan mengajak orang-orang untuk mendigitalisasi cetakan foto-foto jadul atau lama mereka yang masih berwujud fisik. Pasalnya, foto fisik berisiko hilang atau rusak.

"Foto fisik bisa terbakar, terbawa banjir, dan dicuri. Setiap hari kualitas gambarnya juga makin kabur," kata Product Development Google, David Lieb, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Kamis (17/11/2016).

PhotoScan sendiri digodok oleh tim di belakang Google Photos. Semua pengguna iOS dan Android sudah bisa menjajalnya dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi tersebut via Apple App Store atau Google Play Store.

Selanjutnya, ketika membuka aplikasi, Anda bakal disodorkan antarmuka yang simpel dengan langkah penggunaan yang sederhana. Anda bahkan tak diminta untuk mendaftarkan diri atau sign up. PhotoScan sudah langsung mengidentifikasi identitas Anda lewat akun Google.

Cuma ada laman kamera beserta tombol pemindainya untuk memindai foto fisik. Tak cuma untuk foto, Anda juga bisa memindai dokumen penting, semisal paspor atau KTP.

Anda hanya perlu memposisikan foto atau dokumen di kotak pemindai PhotoScan di layar aplikasi, lantas tekan tombol pemindai di layar sebelah bawah, sebagaimana dicoba KompasTekno.

Aplikasi akan memunculkan empat bulatan putih yang harus dibidik satu-satu oleh lensa kamera. Tiap membidik satu bulatan, Anda harus menunggu hingga bulatan itu terisi penuh dengan warna biru.

Setelahnya, PhotoScan akan memproses gambar dan Anda bisa melihat hasilnya dengan menekan ikon di samping kanan tombol pembidik. Pantauan KompasTekno, PhotoScan akan secara otomatis memotong, merotasi, dan mengoreksi warna objek yang dipindai.

Anda bisa menyimpan hasil pemindaian itu ke Google Photos dengan opsi yang ditawarkan PhotoScan. Tentu saja, Anda juga bisa memilih untuk menyimpan foto hanya di galeri smartphone, atau langsung membaginya ke akun media sosial.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com