Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik iPhone Benar-benar Pindah ke Amerika Serikat?

Kompas.com - 20/11/2016, 19:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber PCMagazine

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump pernah mengatakan Apple harus mulai membuat produknya di Negeri Paman Sam, bukan di China. Entah berkat Trump atau kebetulan belaka, yang jelas seorang sumber mengatakan Foxconn sedang menjajaki kemungkinan tersebut.

Foxconn adalah rekanan manufaktur utama Apple dalam memproduksi lini iPhone. Menurut sumber, Apple telah mengajak Foxconn untuk memindahkan fasilitas produksi iPhone dari China ke AS sejak Juni lalu.

Tak cuma Foxconn, Apple dikatakan turut membujuk mitra perakit iPhone lainnya, Pegatron. Perusahaan yang satu itu beroperasi di Taiwan.

"Foxconn setuju (pindahkan fasilitas produksi iPhone ke AS), sementara Pegatron menolak rencana itu dengan alasan biaya," kata sumber yang enggan disebut identitasnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (20/11/2016) dari PCMag.

Baca: 3 Masalah yang Bakal Dihadapi Apple Setelah Trump Jadi Presiden AS

Apple, Foxconn, dan Pegatron enggan menjawab ketika dikonfirmasi soal rencana ini. Jika benar, alasan Pegatron menolak pemindahan tersebut bisa dibilang masuk akal.

Pasalnya, biaya produksi di AS akan lebih besar ketimbang di China. Negara Tirai Bambu selama ini memang dikenal sebagai pusat penyuplai dan perakitan perangkat elektronik termurah di dunia.

Jika merujuk pada 2011 lalu, Presiden AS non-aktif Barrack Obama pernah mengemukakan wacana serupa Trump. Ia tak mengharuskan, namun menanyakan apakah ada kemungkinan produksi iPhone dilakukan di AS.

CEO Apple kala itu, Steve Jobs, secara tegas mengatakan kemungkinan itu tak ada. Jobs menjelaskan bahwa biaya produksi akan membengkak secara signifikan dan harga ritel iPhone tak bakal disanggupi target pasarnya.

Baca: 5 Isu yang Dihadapi Perusahaan Teknologi Setelah Trump Jadi Presiden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PCMagazine

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com