Facebook Tawarkan "Drone" Penyebar Internet ke Indonesia - Kompas.com

Facebook Tawarkan "Drone" Penyebar Internet ke Indonesia

Kompas.com - 21/11/2016, 16:59 WIB
ist Ilustrasi drone facebook

KOMPAS.com - Facebook menawarkan program konektivitas internet di daerah terpencil untuk sejumlah negara, termasuk Indonesia. Penyebaran akses internet tersebut akan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) rancangan Facebook. (Baca: Drone Penyebar Internet Milik Facebook Terbang Perdana)

Penawaran tersebut diungkap Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Lima, Peru, Sabtu (19/11/2016) waktu setempat.

"Kebetulan dalam pertemuan tadi, Mark (CEO Facebook Mark Zuckerberg) mencontohkan Indonesia dalam konektivitas dengan menggunakan drone," kata Jusuf Kalla seusai pertemuan dengan bos Facebook itu, seperti dikutip Antara.

Pemerintah pun, menurut Jusuf Kalla (JK), bisa membantu memfasilitasi program yang akan dikembangkan oleh Facebook tersebut.

Selain mempermudah hubungan antardaerah terpencil dan antar-kawasan, program yang ditawarkan Facebook tersebut bisa membantu peningkatan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

"kelebihannya bisa memberi informasi soal harga produk di pasar. Bagaimana kita bisa bicarakan (hal itu) tanpa konektivitas?" ujarnya.

JK menilai program konektivitas internet yang dikembangkan Facebook bisa memadukan pembangunan perekonomian secara keseluruhan. Apalagi, menurut Wapres, APEC tahun ini menekankan pada kesetaraan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Facebook bukan vendor pertama yang menawarkan layanan internet untuk daerah terpencil di Indonesia. Jika Facebook menawarkan drone, Google menawarkan balon internet melalui Project Loon untuk diaplikasikan di Indonesia. (Baca: Balon Google Sebar Internet dari Sabang sampai Merauke)

EditorReska K. Nistanto
SumberANTARA

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM