Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook di Android Boros Baterai dan Bikin Lelet

Kompas.com - 21/11/2016, 19:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi Facebook pada smartphone Android dikatakan berkontribusi pada pemborosan baterai sebanyak 20 persen. Jika menghapusnya, aplikasi-aplikasi lain pada smartphone bisa digulir lebih cepat sekitar 15 persen.

Hal itu dikemukakan blogger teknologi kawakan Rusell Holly, pengguna Reddit bernama pbrandes_eth, serta jurnalis teknologi Zeus. Tentu saja, mereka sudah mengujinya melalui sebuah studi kasus.

Facebook pun telah mengakui isu ini dan berjanji akan segera memperbaikinya. Setidaknya begitu yang tertera pada pernyataan resmi sang layanan bernuansa biru.

"Kami mendengar beberapa laporan soal isu kecepatan yang ada di aplikasi Facebook untuk Android. Kami sedang menginvestigas ini dan memberi update secepat mungkin," kata juru bicara Facebook, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Senin (21/11/2016)

Menurut Holly, Facebook sejatinya adalah jejaring sosial terbaik yang ada saat ini. Meski demikian, ia harus rela menghapus aplikasi itu karena menyadari masalah performa ponselnya berakar dari Facebook.

Baca: Setengah Warga Internet Dunia Gunakan Facebook

Di sisi lain, Holly merasa masih bergantung pada Facebook untuk menjalin komunikasi maya dengan teman dan keluarga. Ia akhirnya membuka Facebook dari peramban Chrome.

Untungnya, tiap ada notifikasi yang masuk, Chrome bakal tetap memberi tahunya selama username dan password Facebook disimpan pada peramban itu.

Asumsi Holly kemudian diuji oleh pbrandes_eth secara teknis. Ia menghapus aplikasi Facebook pada ponsel LG G4 miliknya.

Sebagai gantinya, ia menggunakan aplikasi Metal untuk membuka Facebook. Metal merupakan layanan untuk menjajal Facebook atau Twitter dengan asupan baterai yang jauh lebih ringan dan konsumsi data yang lebih sedikit.

Temuan pbrandes_eth ini yang mengemukakan bahwa pengguliran aplikasi-aplikasi smartphone lainnya bisa lebih cepat 15 persen ketika Facebook dihapus. Tak kurang dari 15 aplikasi smartphone yang diuji hingga menemukan kesimpulan itu.

Terakhir, seorang jurnalis teknologi menguji performa Facebook pada Nexus 6P. Ia meghapus aplikasi Facebook kemudian mengunduh Metal, sama seperti pbrandes_eth.

Hasilnya, ia mengatakan baterai smartphone bisa bertahan lebih lama 20 persen dibandingkan ketika memiliki aplikasi Facebook.

Sebelumnya, sekitar 3,5 tahun lalu, Facebook pernah dituduh bertanggung jawab atas isu baterai pada perangkat iOS. Alhasil, tahun lalu Facebook mengakui isu itu dan meluncurkan sebuah update. Pengguna Facebook di iOS pun berhenti mengeluh.

Apakah versi Android juga akan diberi update yang spesifik untuk mengatasi masalah baterai? Kita tunggu saja.

Baca: Ini 5 Aplikasi yang Wajib Dihapus dari Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com