Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Asal-usul Video "Mannequin Challenge"

Kompas.com - 22/11/2016, 10:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ABCNews

KOMPAS.com — Mannequin challenge alias tantangan mematung bak maneken menjadi fenomena baru di internet. Berbagai kalangan, mulai dari politikus, pemain bola, artis, hingga masyarakat biasa, berbondong-bondong mengunggah video mannequin challenge di media sosial.  

Lantas, siapa yang pertama kali memulai tren itu? Usut punya usut, asal-usulnya berasal dari sekelompok murid di Edward H White High School, Florida, Amerika Serikat.

Salah satu penggagasnya, Jasmine Cavins, bercerita soal ide mannequin challenge yang berasal dari keisengan, sebagaimana dilaporkan ABCNews dan dihimpun KompasTekno, Selasa (22/11/2016).

Kala itu, di ruang kelas, seorang murid bernama Emili berjalan ke sisi depan dan tiba-tiba mematung. Hal tersebut disadari murid lainnya bernama Alaynah.

"Hei, kau seperti maneken," kata Alaynah yang dicontohkan Cavins.

Baca: Bad hingga Panjat Sosial, Tren Video Sindiran di YouTube

Dua teman mereka lainnya, Jasmine dan Breonna, sontak ke depan kelas dan turut mematung seperti Emili. Nah, seorang teman bernama Deryk-lah yang kepikiran untuk menjadikan keisengan temannya sebagai tantangan.

"Di situ baru kami merekam videonya dengan pose-pose aneh," Cavins menuturkan.

Cavins mengunggah video mannequin challenge bersama teman-temannya di akun Twitter personalnya pada 27 Oktober lalu. Video itu di-RT lebih dari 4.000 kali dengan love yang lebih kurang berjumlah sama.

Diikuti semua kalangan

Setelahnya, tren mannequin challenge mewabah di seluruh dunia. Beberapa nama populer tak canggung melakukan tantangan itu, mulai dari kandidat presiden AS Hillary Clinton, First Lady Michelle Obama, penyanyi Adele, personel The Beatles Paul McCartney, pembawa acara talkshow Elle DeGeneres, komedian dan pembawa acara Carpool Karaoke James Corden, hingga pemain bola seperti Cristiano Ronaldo.


Di Indonesia, beberapa nama tenar seperti Raffi Ahmad, Aming, dan Jordi Onsu turut meramaikan tren mannequin challenge. Institusi kawakan layaknya kru e-commerce Lazada, kru acara televisi Dahsyat, mahasiswa Universitas Mercu Buana Bekasi, hingga Kepolisian Brebes juga mengunggah video aksi mematung itu.


Konsep mannequin challenge sebenarnya sederhana. Anda cuma perlu mengajak teman-teman mematung dalam waktu 30 detik hingga satu menit. Biasanya pose mematung merujuk pada kegiatan tertentu.

Lantunan lagu "Black Beatles" karya Rae Sremmurd pun siap mengiringi, meski tak menutup kemungkinan lagu lain bisa dipilih.

Pantauan KompasTekno, tak kurang dari 1,2 jutaan video mannequin challenge bisa ditemukan di YouTube. Tanda pagar #MannequinChallenge di Instagram dan Twitter pun jumlahnya mencapai ratusan ribu.

Dengan ini, mannequin challenge berhasil menjadi kehebohan baru di internet, setelah sebelumnya ada PPAP, runningman challenge, planking, harlem shake, gangnam Style, dan dab dance. Lalu, selanjutnya apa lagi?

Baca: Tren Mannequin Challenge Mendunia dan Lintas Kalangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABCNews


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com